Microsoft Hadirkan Widget Bing Chat untuk Pengguna Android dan iOS
Microsoft membawa kecanggihan Bing Chat berbasis Kecerdasan Buatan (AI) untuk pengguna Android dan iOS. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft membawa kecanggihan Bing Chat berbasis Kecerdasan Buatan (AI) untuk pengguna Android dan iOS. Sekarang, aplikasi ini diatur untuk memperkenalkan widget chatbot baru.

"Hari ini, kami mengambil langkah selanjutnya dalam perjalanan ini dengan pengalaman baru yang mengutamakan seluler yang sesuai dengan kemampuan desktop kami dan menghadirkan pembaruan visual di seluruh Bing," ujar Microsoft dalam blog resminya, dikutip Rabu, 17 Mei.

Dengan integrasi widget Bing Chat, pengguna bisa mendapatkan informasi tepat waktu dan cepat, atau langsung mengakses fitur di aplikasi favorit.

Widget Bing Chat baru tersebut dapat tambahkan ke layar utama iOS atau Android, dan pengguna dapat dengan mudah mengeklik ikon Bing yang akan mengarahkan pengguna masuk langsung ke Bing Chat, atau mengeklik ikon mikrofon untuk mengajukan pertanyaan secara lisan.

Selanjutnya, pengguna sekarang juga dapat memulai percakapan Bing Chat di PC dan melanjutkannya di perangkat seluler. Di mana pengguna dapat meminta chatbot untuk membuat sebuah resep di PC, dan kemudian memintanya untuk menyediakan pengganti di aplikasi seluler saat pengguna berada di toko bahan makanan dan mereka kehabisan bahan.

Saat ini, fitur tersebut sedang diluncurkan secara bertahap. Untuk mengakses fitur, pengguna tinggal mengklik jawaban di desktop, lalu pilih ikon telepon di menu opsi untuk melihat Kode QR. Pindai untuk dibuka di ponsel.

Selain itu, perusahaan juga meningkatkan dukungan negara dan bahasa untuk input suara, serta kualitas untuk obrolan non-Inggris. Pengguna sekarang dapat memilih dari berbagai bahasa dan suara untuk menyesuaikan pengalaman dengan selera dan kebutuhan mereka.

Perubahan seluler besar lainnya adalah obrolan kontekstual pada Microsoft Edge di iOS dan Android. Mirip dengan apa yang ada di sidebar Bing di dalam versi desktop Edge, fitur ini dapat membuat versi seluler browser membaca konteks situs web tempat pengguna berada.

Pengguna dapat mengetuk ikon Bing Chat di bagian bawah Edge dan mengajukan pertanyaan tentang situs web yang mereka lihat, memintanya meringkas artikel atau dokumen yang sedang dibaca.

Edge versi seluler juga akan menyertakan tindakan teks yang dipilih, di mana pengguna dapat menyorot potongan teks dan Bing akan menjelaskan atau meringkasnya. Microsoft mengatakan kedua fitur Edge baru ini akan segera diluncurkan ke pengguna seluler.