Aplikasi Keyboard SwiftKey Bawa Banyak Fitur AI untuk Android dan iOS
Microsoft juga membawa perombakan pada aplikasi keyboard pintarnya, SwiftKey. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Bersamaan dengan peluncuran widget Bing Chat untuk pengguna Android dan iOS, Microsoft juga membawa perombakan pada aplikasi keyboard pintarnya, SwiftKey.

Kali ini, perusahaan mengintegrasikan Bing bertenaga Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam SwiftKey agar pengguna dapat dengan mudah untuk mencari dan mengobrol dengan Bing dari dalam aplikasi seluler favorit.

"Hari ini kami bersemangat untuk memperluas kemampuan ini untuk menyertakan fitur Tulis di SwiftKey, yang sekarang akan membuat draf teks untuk Anda sesuai dengan parameter yang Anda sarankan – tidak hanya materi pelajaran tetapi juga nada, format, dan panjang pesan," ujar Microsoft dalam blog resminya, dikutip Rabu, 17 Mei.

Pengguna juga bisa membuat dokumen dan tugas administratif lainnya dengan fitur Tulis atau Compose. Di mana mereka dapat menulis email ke penyedia layanan yang meminta penyelesaian atas suatu masalah, serta mengedit email di draf dengan cepat untuk memastikan detailnya benar, kemudian pengguna dapat mengirimkan email tersebut.

Mulai diluncurkan hari ini, pengguna dapat mengklik ikon Bing di pita di atas keyboard SwiftKey. Fitur itu akan tersedia untuk semua pengguna di Android dan iOS dalam dua minggu ke depan, juga tersedia di desktop melalui sidebar Edge.

Penerjemah langsung juga hadir di SwiftKey, pengguna bisa mengeklik ikon Bing di pita di atas keyboard SwiftKey. Dari sana, klik Terjemahkan, dan pengguna dapat memilih bahasa untuk menerjemahkan ke dan dari, termasuk terjemahan dalam bahasa apa pun yang didukung Bing.

Ketik atau rekatkan teks, dengan begitu akan menjatuhkan teks yang diterjemahkan langsung ke bidang pesan untuk pengguna kirim. Rencananya, minggu depan fitur ini akan tersedia di Android dan iOS untuk pengguna di seluruh dunia.

Tak hanya itu, pengguna juga diberi kemampuan untuk mengubah nada atau membingkai ulang pesan mereka sebelum dikirim.

Dua Nada baru dihadirkan raksasa Redmond, AS tersebut, yakni Witty and Funny. Dengan fitur bertenaga AI ini, pengguna dapat menyusun pesan yang tepat, pada nada yang sesuai untuk segala hal, mulai dari mengutak-atik one-liner yang lucu hingga menyusun email kerja penting dari awal.

Pembaruan SwiftKey ini menandakan Microsoft serius menanggapi umpan balik pengguna yang meminta aplikasi keyboard itu tidak di matikan

Pada 2022, setelah bertahun-tahun tanpa pembaruan, keyboard SwiftKey dihapus dari toko online milik Apple, App Store. Namun sekarang, perusahaan membatalkan rencana tersebut dan banyak membawa fitur AI ke dalamnya.