Microsoft Ceraikan Keyboard SwiftKey dari Apple
Keyboard SwiftKey Microsoft secara resmi akan dihapus dari toko online milik Apple, App Store. (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah lebih dari setahun tanpa pembaruan, keyboard SwiftKey Microsoft secara resmi akan dihapus dari toko online milik Apple, App Store.

Microsoft berencana menghapusnya setelah 5 Oktober, namun saat ini keyboard masih akan terus berfungsi untuk mereka yang masih menggunakannya.

"Mulai 5 Oktober, dukungan untuk SwiftKey iOS akan berakhir dan akan dihapus dari Apple App Store. Microsoft akan melanjutkan dukungan untuk SwiftKey Android serta teknologi dasar yang mendukung keyboard sentuh Windows," ungkap juru bicara Microsoft kepada ZDNet, Kamis, 29 September.

"Bagi pelanggan yang menginstal SwiftKey di iOS, itu akan terus berfungsi hingga dihapus secara manual atau pengguna mendapatkan perangkat baru. Silakan kunjungi Support.SwiftKey.com untuk informasi lebih lanjut," imbuhnya.

Sayangnya, perusahaan belum memberikan alasan apa pun terkait penghentian operasi SwitKey di iOS.

Namun, spekulasi menguat terkait Apple yang enggan untuk memberikan pengembang akses ke bagian tertentu dari iOS, mirip dengan bagaimana Apple menolak untuk membantu Microsoft berteman dengan aplikasi Phone Link dengan iPhone.

Banyak pengguna setuju bahwa keyboard besutan pihak ketiga di iOS tidak memiliki sesuatu yang spesial sejak 2014. Jadi, tak mengherankan jika Microsoft enggan terus berinvestasi di SwiftKey untuk iOS ke depannya.