Bagikan:

 JAKARTA – Ponsel memang penting bagi para mahasiswa, tetapi laptop juga tidak kalah penting. Perangkat yang satu ini sangat dibutuhkan untuk menghadiri kelas online dan mengerjakan berbagai macam tugas.

Setiap mahasiswa memerlukan jenis laptop yang berbeda. Mereka harus menyesuaikan spesifikasi laptopnya dengan kebutuhan kuliah. Jika Anda sedang mencari laptop, berikut ini beberapa saran laptop yang VOI kutip dari Engadget.

Chromebook Lenovo IdeaPad Flex 5

Laptop pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah laptop buatan Lenovo, tetapi dengan sistem chromeOS. Perangkat ini sangat mengandalkan jaringan internet karena mayoritas aplikasinya terintegrasi langsung dengan Google Chrome.

Perangkat yang diluncurkan tahun lalu ini memiliki layar sentuh Full HD 14 inci dan menggunakan prosesor i3 generasi ke-13. Laptop ini juga memiliki lampu latar belakang di keyboard sehingga mendukung penggunaan di malam hari.

Dengan masa pakai baterai 6 jam, engsel laptop ini bisa diputar 360 derajat sehingga bisa dijadikan seperti tablet. Lenovo Ideapad Flex 5 juga memiliki mesin yang cukup cepat dengan peningkatan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

HP Paviliun Aero 13

Rekomendasi laptop berikutnya adalah HP Paviliun Aero 13 yang diluncurkan pada tahun 2021. Meski sudah hampir berumur 3 tahun, laptop ini masih bisa diandalkan karena menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 5600U.

Paviliun Aero 13 juga menggunakan AMD Radeon Graphics dengan layar Full HD. Perangkat ini memiliki bezel yang sangat tipis dan touchpad yang cukup luas, keyboard dengan backlit, dan sensor fingerprint yang mendukung fitur Windows Hello.

Microsoft Surface Pro 9

Terakhir, ada laptop yang Microsoft luncurkan pada tahun 2022, yaitu Surface Pro 9. Sama seperti Lenovo IdeaPad Flex 5, Surface Pro 9 bisa digunakan sebagai tablet karena layarnya bisa diputar ke bagian bawah laptop.

Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-12 dan prosesor Microsoft SQ 3. Dengan desain yang ramping dan bezel yang tipis, Surface Pro 9 sangat nyaman untuk dibawa ke mana pun karena fleksibel dan ringan.

Perangkat ini juga memiliki versi chip ARM. Pastikan bahwa Surface Pro 9 yang Anda inginkan telah menggunakan prosesor Intel karena ARM membuat beberapa aplikasi tidak bisa diunduh karena batasan kompabilitas.