Pertimbangkan Kelemahan dan Kelebihan Ini Sebelum Menggunakan VPN Gratis untuk Bekerja!
Pro dan kontra menggunakan vpn gratis untuk bekerja (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Penggunaan VPN (Virtual Private Network) bisa saja sangat berguna untuk menjaga informasi pribadi Anda tetap aman. Selain berbayar, sudah banyak pengembang yang menciptakan VPN gratis untuk digunakan. 

Namun, apakah penggunaan VPN gratis tetap dapat diandalkan untuk bekerja? Sebelum menggunakan layanan VPN gratis untuk mengakses data perusahaan yang sensitif, Anda perlu perlu mengetahui pro dan kontra penggunaan VPN gratis untuk bekerja. 

Kelebihan VPN Gratis

  • Memberikan privasi dan keamanan yang layak

Meskipun Anda menggunakan versi gratis, dan tidak mendapatkan fitur lebih lengkap dibanding premium, VPN tetap akan melindungi privasi Anda dengan kunci enkripsi aman dan protokol tunneling yang sama. 

  • Melewati pembatasan geografis

Baik versi premium maupun gratis, Anda masih akan dapat mengubah atau memanipulasi lokasi server Anda, dan mengakses layanan yang sebelumnya tidak tersedia di negara Anda berasal. 

  • Bisa mengakses jaringan publik dengan aman

Sebagian besar orang lebih suka menggunakan data seluler daripada hotspot Wi-Fi publik untuk alasan keamanan. Namun, ada beberapa kasus di mana Anda mungkin tidak punya pilihan selain menggunakan Wi-Fi publik, terutama jika Anda menghabiskan banyak waktu di jalan.

Dengan memasang VPN gratis sebelum terhubung ke jaringan publik, setidaknya itu akan menyembunyikan permintaan Anda dari pengintaian peretas.

  • Mudah diunduh dan disetel

VPN gratis sudah banyak tersebar di mana-mana. Namun, ada baiknya Anda mengunduhnya di perpustakaan aplikasi resmi seperti play store dan app store. 

Kelemahan VPN Gratis

  • Harus menonton iklan

Penggunaan VPN gratis biasanya meminta Anda untuk menonton iklan. Dengan iklan yang terus muncul, mungkin ini akan mengganggu pekerjaan Anda. Jika Anda merasa terganggu, sebaiknya jangan menggunakan VPN gratis. 

  • Pengembang mungkin menjual data penggunanya

Anda akan menemukan beberapa VPN yang menawarkan data tanpa batas secara gratis. Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa kemungkinan sangat mustahil. Karena penyedia layanan VPN membutuhkan uang untuk mempertahankan platform mereka.

Jadi, yang mereka lakukan untuk menghasilkan uang adalah melalui iklan atau biaya berlangganan. Jika aplikasi tidak memiliki keduanya, kemungkinan itu adalah penipuan.

Pengembang VPN mungkin menjual data pengguna yang mereka kumpulkan ke pihak ketiga, dan mereka memikat korbannya dengan layanan gratis.

  • Memiliki enkripsi lemah dan pembatasan geografis terbatas

VPN gratis memberikan keamanan terbatas. Metode enkripsi dan protokol tunneling mereka tidak memiliki kecanggihan untuk memerangi serangan yang ditargetkan. Sehingga Anda tidak dapat mengandalkan mereka untuk memerangi peretas.

Demikian pula, layanan VPN gratis tidak dapat menghindari semua pembatasan geografis. Beberapa teknik pemblokiran geografis mengharuskan Anda memilih lokasi server VPN terbaik, yang tidak dapat Anda lakukan dengan VPN gratis.

  • Kecepatan internet lambat

VPN gratis sering menggunakan server pihak ketiga yang sama. Untuk meminimalkan biaya, host secara bersamaan menampung ribuan, bahkan jutaan, pengguna. Sayangnya, server yang padat akan memperlambat kecepatan internet Anda secara drastis.

Jadi pekerja jarak jauh yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil 24/7, jauhi menggunakan VPN gratis.