3 Smartphone dengan Kamera Periskop yang Mendukung Penggunanya Memotret Bulan
Ilustrasi Kamera Periskop Smartphone (Unsplash)

Bagikan:

 YOGYAKARTA – Hingga saat ini, smartphone dengan kamera periskop masih jadi buruan masyarakat. Teknologi kamera yang ditanamkan pada ponsel itu masih tergolong baru di industri smartphone. Bahkan saat ini tak banyak produsen yang mengusung kamera periskop pada produk smartphone mereka.

Perlu diketahui, kamera periskop adalah kamera smartphone yang memiliki kemampuan melakukan zoom optical hingga puluhan kali lipat. Kemampuan ini memungkinkan kamera mendeteksi objek foto dari jarak jauh tanpa mengorbankan dimensi smartphone.

Dengan adanya kamera periskop, zooming ponsel optikal tak hanya 2 atau 3 kali saja, beberapa ponsel bahkan mencapai 5, 7, bahkan hingga 10 kali. Tingginya optical-zoom pada kamera ponsel juga dibarengi dengan kemampuan digital zoom hingga 100 kali.

Smartphone dengan Kamera Periskop

Perlu diperhatikan bahwa penanaman kamera periskop pada ponsel memang sulit dan maha. Wajar jika ponsel dengan teknologi ini biasanya adalah seri flagship yang dibanderol dengan harga tinggi. Jika Anda berminat membeli smartphone dengan kamera periskop, berikut ini beberapa produk yang bisa Anda coba.

  1. Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra adalah ponsel yang dirilis di Indonesia awal 2023 lalu. Ponsel flagship ini mengusung beberapa kelebihan, salah satunya adalah pada kameranya. Samsung Galaxy S23 Ultra memungkinkan untuk menangkap gambar bulan atau objek lain dari kejauhan.

Smartphone Samsung Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan kamera periskop 10 MP serta didukung dengan optical image stabilization (OIS). Dengan kemampuan kamera tersebut, pengguna ponsel tipe ini mampu memotret objek dari kejauhan dengan perbesaran 10 kali secara optical atau sebanyak 100 kali secara digital.

  1. Xiaomi 12S Ultra

Xiaomi 12s Ultra dirilis di Indonesia tahun lalu. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4860mAh. Menariknya, Xiaomi 12s Ultra memiliki kamera Leica, perusahaan legendaris kamera yang berasa dari Jerman.

Smartphone ini dilengkapi dengan kamera 50 MP dengan sensor Sony IMX989 ukuran 1 inci. Meski demikian kemampuannya menangkap objek tetap unggul dan mampu menghasilkan gambar terbaik. Selain itu, Xiaomi 12S Ultra juga dilengkapi dengan kamera periskop yang mampu menangkap objek dari jarak jauh sekalipun. Kamera ini dibekali dengan sensor 48 MP dan memiliki OIS dengan perbesaran optik hingga 5 kali.

  1. Huawei P50 Pro

Huawei P50 Pro juga bisa jadi opsi untuk Anda yang menginginkan ponsel dengan kamera periskop. Ponsel ini dirilis di Indonesia awal tahun lalu namun masih sangat worth it untuk dimiliki sampai saat ini.

Dengan smartphone ini pengguna memungkinkan untuk memptret bulan karena dilengkapi dengan kamera tele dengan lensa periskop. Resolusi kamera utamanya yakni 64 MP dan dilengkapi dengan OIS. Selain itu perbesaran gambar secara optical mencapai 3,5 kali atau zooming hingga 7 kali.

Itulah beberapa smartphone dengan kamera periskop. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.