Discord Hapus Tag Empat Digit pada Nama Pengguna dan Memperkenalkan Nama  Alfanumerik Baru
Discord akan menghapus tag angka empat digit yang biasanya ditambahkan pada username pengguna. (foto: dok. discord)

Bagikan:

JAKARTA - Discord akan menghapus tag angka empat digit yang biasanya ditambahkan pada username penggunanya dalam upaya untuk membuatnya lebih mudah untuk terhubung dengan pengguna lain. Seperti yang tertera dalam posting di blog Discord, perubahan ini akan memaksa sebagian besar pengguna untuk mengubah username mereka, karena Discord tidak akan lagi menggunakan tag empat angka yang membedakan satu orang dengan username yang sama dari yang lain.

Alih-alih memiliki discriminator (tag) berangka empat, sekarang Anda akan memiliki username alfanumerik yang unik dengan simbol "@" di depannya. Anda juga akan dapat memilih display name (nama tampilan) yang tidak unik yang dapat mencakup karakter khusus, spasi, emoji, dan karakter non-Latin, membuat platform tersebut lebih mirip dengan jejaring sosial mainstream lainnya, seperti Twitter dan Instagram. Hal ini juga membuatnya kurang seperti platform gaming, dengan akhiran yang mirip dengan yang digunakan di layanan seperti Steam, Battle.net, dan Xbox.

Sayangnya, proses ini berarti semua pengguna Discord harus memilih username baru. Menurut Discord, Anda dapat memperbarui username Anda secara bertahap "dalam beberapa minggu mendatang", dan platform akan memberi tahu Anda kapan Anda dapat melakukannya. Perusahaan mengatakan akan memberi prioritas kepada pengguna Discord yang sudah lama bergabung, yang berarti semakin lama Anda bergabung dengan Discord, semakin cepat Anda dapat memilih nama baru.

Selain itu, Discord mencatat bahwa username dan discriminator Anda sebelumnya masih akan berfungsi sebagai alias setelah mulai menghilangkan tag numerik. Ini berarti teman-teman Anda masih dapat menemukan Anda dengan username lama Anda.

Meskipun Discord mengatakan awalnya diluncurkan dengan tujuan membiarkan pengguna memilih username apa pun yang mereka inginkan, tag angka empat digit akhirnya "menjadi hutang teknis" yang tidak "diatasi secara memadai", mencatat bahwa username seringkali "terlalu rumit atau samar" untuk diingat dan dibagikan dengan teman-teman.

"Kami menyadari bahwa ini adalah perubahan besar," tulis co-founder Discord, Stanislav Vishnevskiy, dalam posting blog-nya. "Mungkin ada kendala dalam proses ini, dan mungkin sulit untuk berpisah dengan '# 0001' yang sangat berarti bagi Anda selama bertahun-tahun. Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mengelola segala sesuatu semulus mungkin."