Bagikan:

YOGYAKARTA – Aplikasi untuk membuat denah lokasi memungkinkan seseorang untuk membuat denah secara lebih cepat, jelas, dan akurat.

Aplikasi untuk membuat denah lokasi umumnya dibekali dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam pembuatan denah yang detail dan menarik. Anda bisa menambahkan simbol, warna, dan teks untuk memperjelas informasi yang ingin disampaikan.

Lantas, apa saja aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat denah lokasi? Dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu, 29 Juni 2024, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Aplikasi untuk Membuat Denah Lokasi

1. Map Marker

Pilihan aplikasi untuk membuat denah lokasi yang pertama adalah Map Marker. Aplikadi ini memiliki fitur penanda peta, sehingga denah lokasi yang dibuat memiliki output yang lebih detail.

Tak hanya itu, aplikasi Map Marker juga menyediakan fitur penyimpanan terkait hasil pengeditan. Kehadiran fitur ini dapat menghemat waktu dan tenaga.

Nantinya, denah lokasi yang dibuat dengan aplikasi ini dapat dibagikan lewat share capture image ke berbagai media.

2. My Maps

My Maps merupakan salah satu aplikasi pembuat denah lokasi yang cukup populer. Aplikasi ini dapat digunakan secara mudah dan gratis.

Lewat My Maps, pengguna bisa menambahkan marker, garis, dan bentuk untuk menandai lokasi-lokasi penting. Denah lokasi dapat dibuat secara langsung pada Spreadsheet.

Pengguna aplikasi ini juga dapat meambahkan gambar, melakukan penelusuran pada tempat-tempat tertentu, hingga membuat denah secara langsung dengan media spreadsheet.

Selain itu, pengguna juga bisa mengintegrasikan denah dengan Google Maps sehingga dapat diakses oleh siapa saja.

3. Google Maps

Google Maps adalah aplikasi navigasi atau petunjuk arah yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini menjadi rujukan banyak kalangan serta lembaga instansi, lantaran memiliki akurasi sangat bagus dengan adanya penambahan lokasi yang selalu update.

Dengan Google Maps, jalan gang kecil yang terdapat di pelosok dapat tergambar secara jelas dan baik. Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur Street View yang memudahkan penggunanya saat berpergian.

Selain dimanfaatkan sebagai penunjuk jalan, Google Maps juga bisa menjadi aplikasi untuk membuat denah lokasi.

Caranya cukup mudah, pengguna dapat memilih opsi default pada jenis peta. Kemudia memilih lalu lintas pada detail peta.

Langkah berikutnya, gulir atau scroll cakupan peta yang ingin dimasukkan ke dalam denah. Pastikan nama dari gedung-gedung penting terlihat.

Terakhir, screenshot dan edit dengan crop serta tambahkan arah mata angin. Denah lokasi yang dibuat dapat dicetak sesuai dengan kebutuhan.

4. Canva

Lebih dikenal sebagai aplikasi desain grafis, Canva rupanya dapat dimanfaatkan untuk membuat denah lokasi. Di dalam aplikasi ini terdapat template yang memungkinkan pengguna untuk membuat denah lokasi secara lebih mudah.

Cara menggambar denah lokasi lewat Canva juga cukup mudah. Pengguna bisa memasukkan teks, objek shapes, membuat line art, serta mengganti sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

5. Smartdraw

SmartDraw merupakan aplikasi berbayar yang menawarkan fitur lengkap untuk membuat berbagai jenis diagram, termasuk denah lokasi.

Aplikasi ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan detail lebih dalam pada denah mereka, seperti denah gedung atau kawasan industri. SmartDraw juga mendukung integrasi dengan aplikasi lain seperti Microsoft Office dan Google Workspace.

Demikian informasi tentang aplikasi untuk membuat denah lokasi. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.