Google Maps Luncurkan Suar Bluetooth untuk Navigasi di Terowongan
Google Maps hadirkan fitur Suar Terowongan Bluetooth (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 JAKARTA – Global Positioning System (GPS) merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang berguna bagi banyak orang. Salah satu sistem GPS yang paling banyak digunakan adalah Google Maps.

Seperti namanya, Maps bisa mengarahkan penggunanya ke berbagai tempat menggunakan denah digital yang memperlihatkan estimasi jarak dan juga waktu. Meski sistem ini sangat membantu, Google Maps masih kesulitan beroperasi di beberapa tempat.

Salah satu tempat yang membuat GPS sulit beroperasi adalah terowongan. Jaringan sinyal satelit mungkin sulit menjangkau daerah tersebut sehingga arahan dari Maps menjadi tidak jelas. Jika masalah ini terjadi, ada kemungkinan penggunanya bisa tersesat.

Agar masalah tersebut tidak terjadi, Google meluncurkan dukungan suar Bluetooh untuk mengisi sinyal di terowongan. Seperti yang ditemukan oleh Smartdroid, dukungan ini akan muncul dalam bentuk fitur yang bernama Suar Terowongan Bluetooth.

Fitur ini akan muncul di bagian Pengaturan Navigasi. Pengguna harus menggulir layar terlebih dahulu untuk menemukan menu Opsi Mengemudi. Fitur Suar Terowongan Bluetooth berada di dalam menu tersebut.

Google Maps memberikan keterangan bahwa fitur tersebut harus dinyalakan untuk, “Memindai suar terowongan Bluetooth agar meningkatkan akurasi lokasi di terowongan.” Pastikan toggle button fitur tersebut sudah berwarna biru.

Sebenarnya, fitur ini pertama kali terlihat pada Oktober tahun lalu. Namun, fitur tersebut masih sekadar uji coba karena hanya dilihat oleh beberapa pengguna. Meski fitur ini sudah diluncurkan, Suar Terowongan Bluetooth ini baru hadir di perangkat Android.

Ket. foto: