Bagikan:

JAKARTA - Peluncuran penuh Ruwiki, versi bahasa Rusia dari ensiklopedia internet Wikipedia yang populer, akan dilakukan pada Senin, 15  Januarai seperti laporan media Rusia.

Uji coba beta - pengujian situs terbatas kepada audiens - dimulai pada pertengahan 2023, seperti yang dilaporkan oleh harian Kommersant. Kabarnya sudah ada lebih banyak artikel di Ruwiki daripada segmen berbahasa Rusia di Wikipedia.

Rusia telah menyatakan bahwa mereka belum berencana untuk memblokir Wikipedia - salah satu sumber informasi independen yang masih bertahan di Rusia sejak pemberlakuan keras terhadap konten online setelah invasi Moskow ke Ukraina pada Februari 2022.

Namun, pengadilan Rusia telah memberikan serangkaian denda terhadap ensiklopedia online ini terkait konten Ukraina sejak itu.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan persetujuan untuk platform alternatif baru untuk Wikipedia pada Mei 2022, menurut laporan media Rusia.

Minggu lalu, surat kabar Izvestia melaporkan, mengutip layanan pers Ruwiki, bahwa artikel-artikel yang paling banyak dibaca selama fase uji coba beta termasuk daftar kematian di tahun 2023, eskalasi konflik Arab-Israel, operasi militer Rusia di Ukraina, dan film dengan pendapatan tertinggi di Rusia.

Rata-rata pengguna menghabiskan lebih dari enam menit di situs tersebut, dan kedalaman peninjauan rata-rata mencapai lebih dari lima halaman pada fase uji coba, demikian dilaporkan oleh Izvestia.

Kommersant mengatakan bahwa para pendiri Ruwiki tidak akan mengungkapkan berapa biaya proyek ini atau nama-nama investor situs tersebut