Kapal Selam Nuklir Terbaru Rusia Siap Melaut Juni, Dilengkapi Rudal Balistik Antarbenua Bulava
Peluncuran Kapal Selam Nuklir Severodvinsk (K-560) di Sevmash Shipyard, Severodvinsk, Rusia. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс - служба Президента Российской Федерации)

Bagikan:

JAKARTA - Satu lagi alat utama sistem senjata (Alutsista) Rusia siap unjuk kemampuan. Bukan sembarang Alutsista, karena yang ini adalah kapal selam bertenaga nuklir.

Mengusung nama Knyaz Oleg, kapal selam pembawa rudal bertenaga nuklir strategis canggih ini tergolong dalam Borei-class Submarine di bawah proyek 955A yang diluncurkan pada 16 Juli 2020 lalu.

Melansir TASS Rabu 26 Mei, kapal selam ini akan melaut pada Juni mendatang melakukan tes di lautan pertamanya, menurut sumber industri pertahanan domestik, Selasa 25 Mei.  

"Berdasarkan rencana mulai hari ini, Knyaz Oleg akan dikerahkan ke laut untuk uji coba pertama kalinya pada awal Juni," kata sumber itu, menjelaskan bahwa rencana itu juga memiliki kemungkinan berubah.

Kantor pers dari galangan kapal pemerintah, Sevmash Shipyard (bagian dari United Shipbuilding Corporation) tempat kapal selam seri ini sedang dibangun menolak untuk mengomentari informasi sumber tersebut.

Rencana sebelumnya, kapal selam pembawa rudal bertenaga nuklir strategis pertama yang diproduksi secara serial ini, akan memulai pengabdiannya di Angkatan Laut Rusia tepat pada Hari Angkatan Laut yang jatuh pada 25 Juli tiap tahunnya.

Meski demikian, sumber TASS berasumsi, kapal selam itu tidak akan memasuki tugas secara resmi dalam waktu edkat, karena harus menjalani serangkaian program uji coba laut.

Khususnya, uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) terbaru yang diperuntukkan bagi kapal selam Borei-class Submarine, RSM-56 Bulava. Peluncuran dilakukan dari bawah permukaan air di Laut Barents ke sasaran tembak di Semenanjung Kamchatka, timur jauh Rusia. 

Sebelumnya, Panglima Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolai Yevmenov mengatakan kepada surat kabar Kementerian Pertahanan Krasnaya Zvezda, Angkatan Laut akan mendapatkan kapal selam pembawa rudal bertenaga nuklir strategis kelas Borei-A Knyaz Oleg pada akhir 2021.

Untuk diketahui, saat ini Angkatan Laut Rusia tengah mempersiapkan empat kapal selam nuklir dengan rudal balistik antarbenua di bawah Project 955/955A.

Selain Knyaz Oleg, tiga lagi kapal selam Project 955A sedang dalam berbagai tahap konstruksi di Sevmash Shipyard. Nantinya, masing-masing kapal selam Project 955/955A akan mampu membawa 16 rudal balistik antarbenua Bulava.