Google Tambahkan Pengaturan Petunjuk Arah Sekilas di Maps
Google Maps tambahkan pengaturan baru (foto: dok. unsplash) 

Bagikan:

 

JAKARTA — Pada awal  Februari, Google Maps meluncurkan fitur Petunjuk Arah Sekilas di perangkat Android dan iOS. Kini, Google meluncurkan pengaturan untuk mengontrol fitur tersebut. 

Pengaturan yang diluncurkan oleh Google adalah Petunjuk Arah Sekilas Saat Bernavigasi. Mengutip dari Android Police, fitur ini tersedia untuk pengguna Google Maps versi 11.116 di Android dan versi 6.104.2 di sistem operasi (OS) iOS. 

Untuk melihat Petunjuk Arah Sekilas Saat Bernavigasi, pengguna harus membuka Pengaturan Maps terlebih dahulu. Setelah itu, buka Pengaturan Navigasi dan klik toggle button untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut. 

Google menjelaskan bahwa pengaturan ini akan membantu pengguna dalam, "melihat ETA yang diperbarui dan belokan Anda berikutnya, langsung dari ikhtisar rute atau layar kunci Anda. Data navigasi akan dikumpulkan untuk menyempurnakan Maps bagi semua orang."

Dengan mengaktifkan Petunjuk Arah Sekilas, Google Maps akan menunjukkan rute dan perkiraan waktu tiba di layar kunci perangkat. Tampilan rute dan waktu ini juga akan terlihat di aplikasi Maps sebelum pengguna mengeklik opsi Mulai. 

Tampilan dari fitur Petunjuk Arah Sekilas mirip dengan tampilan navigasi Google Maps yang dinyalakan. Fitur ini juga akan menampilkan perubahan rute jika penggunanya mengambil jalan yang berbeda dari rute yang disarankan. 

Perubahan lain yang akan terlihat adalah titik biru penanda lokasi pengguna Maps. Sebelumnya, titik yang terlihat hanya berwarna biru polos. Namun, saat fitur Petunjuk Arah Sekilas aktif, titiknya akan berubah menjadi tanda panah.