Bagikan:

 

JAKARTA — Gemini, aplikasi Artificial Intelligence (AI) buatan Google, mendapatkan fitur baru untuk mengakses dan membuat acara di Google Calendar. Keduanya bisa dilakukan melalui perintah suara.

Berdasarkan temuan 9to5google, Gemini akan menerima perintah seperti tunjukkan kalender saya dan apakah saya punya acara kalender mendatang. Setelah diberi perintah, Gemini akan menampilkan pop-up acara dari Google Calendar.

Tampilan dari perintah tunjukkan kalender saya sangat sederhana. Pengguna hanya akan melihat tanggal dan nama bulan yang disingkat serta keterangan acara di bawahnya. Google juga akan memberikan opsi Buka Kalender kepada pengguna.

Sementara itu, tampilan pembuatan acara di Google Calendar terlihat cukup biasa. Pengguna akan diminta memasukkan judul, tanggal, dan waktu acara. Saat ingin menyimpan acara, pengguna bisa mengucapkan, "tambahkan acara ke kalender saya."

Fitur ini menyusul pembaruan yang Google tambahkan pada 21 Februari lalu, yaitu fitur pengingat untuk Google Tasks. Pengguna bisa memberikan berbagai macam perintah seperti ingatkan saya untuk membuang sampah besok malam atau ingatkan saya untuk belajar.

Sama seperti fitur akses ke Google Calendar, Gemini akan menampilkan pop-up Google Tasks yang menampilkan perintah dari pengguna. Perintah yang dicatat oleh Gemini masih bisa diatur kembali oleh pengguna.

Akses ke Google Calendar dan Google Tasks sebenarnya sudah ada sejak lama di Google Assistant. Namun, fitur ini tidak ada di Gemini meski model AI itu telah diintegrasikan ke Google Assistant. Google menyadari bahwa kekurangan ini perlu diperbaiki.

Saat ini, perintah suara untuk melihat dan membuat acara hanya tersedia di Amerika Serikat. Akses ke Google Calendar ini masih diluncurkan secara bertahap sehingga beberapa pengguna Gemini tidak akan menemukan fitur tersebut.