Bagikan:

JAKARTA – Sejak Juli lalu, Google Calendar dirumorkan memiliki fitur berbagi tautan acara secara langsung. Namun, kabar ini belum sepenuhnya direalisasikan ke semua perangkat.

Setelah penantian yang lama, 9to5google melaporkan bahwa fitur ini sudah tersedia di aplikasi. Dengan tersedianya fitur ini, Anda sudah bisa membagikan tautan acara dengan mudah.

Untuk membagikan tautannya, Anda perlu membuat acara di tanggal yang sudah ditetapkan. Setelah selesai membuat acaranya, buka Google Calendar dan ketuk acara yang dibuat.

Pada tampilan teratas di bawah nama acara, Google Calendar menampilkan menu bagikan. Anda hanya perlu menyalin tautan yang dihasilkan sebelum membagikannya.

Orang yang menerima dan mengetuk tautan tersebut akan langsung mengunjungi URL yang menampilkan nama acara, tanggal, dan detail lainnya. Penerima juga bisa merespon dengan pilihan Ya, Tidak, dan Mungkin.

Tautan ini tidak akan bisa dicari melalui mesin pencari Google dan hanya bisa diakses oleh orang yang memiliki tautan tersebut. Oleh karena itu, acara yang dibagikan ini bisa menjadi acara publik meski bersifat pribadi.

Selain bisa dibagikan, tautan ini juga bisa dihilangkan atau dinonaktifkan. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghapus acara tersebut di Google Calendar. Ketika acara dihapus, tautan tak akan menampilkan acaranya lagi.

Meski Google mengeklaim bahwa fitur ini sudah bisa diakses di semua perangkat Android, VOI belum menemukan fitur ini. Tampilannya pun masih sama seperti versi sebelumnya yang hanya bisa membagikan acara ke akun Google lainnya.