Bagikan:

JAKARTA – Google Calendar terintegrasi langsung dengan akun Google sehingga aplikasi ini dapat menyimpan agenda penting secara otomatis. Aplikasi ini juga bisa menyimpan acara atau tugas secara manual.

Namun, tidak seperti aplikasi penanggalan lainnya, Google Calendar tidak memiliki opsi untuk menyimpan tanggal ulang tahun. Aplikasi ini hanya bisa mengingat ulang tahun teman atau keluarga dengan cara menarik informasi yang tersimpan di Google Contact.

Dalam waktu dekat, kesulitan untuk menyimpan acara ulang tahun akan diatasi oleh Google. Perusahaan itu akan menambahkan opsi baru untuk menyimpan dan memodifikasi tanggal ulang tahun di Google Calendar.

Opsi menyimpan tanggal ulang tahun hanya tersedia di aplikasi Google Calendar untuk perangkat Android. Fitur ini sudah diluncurkan sejak 19 September lalu dan akan berakhir dalam waktu 15 hari, yaitu hingga 24 September yang akan datang.

Untuk menyimpan dan mengingat tanggal ulang tahun, pengguna hanya perlu membuka Google Calendar, mengeklik tombol Tambah, lalu pilih opsi Ulang Tahun. Berikutnya, masukan nama orang yang berulang tahun di bagian atas dan pilih tanggalnya.

Meski baru diluncurkan untuk Google Calendar di perangkat Android, pihak perusahaan akan memperluas fitur baru ini ke situs web dan iOS. Tidak diketahui kapan perluasannya akan dilakukan karena Google hanya mengatakan, "tersedia di masa mendatang."

Opsi pengingat ulang tahun akan diluncurkan untuk pelanggan Google Workspace biasa maupun Google Workspace Individual. Pengguna Calendar dengan akun Google pribadi juga akan menerima fitur ini dalam waktu dekat.