Bagikan:

JAKARTA - Google telah meluncurkan ekstensi Gemini untuk Google Calendar, Keep, dan Tasks, memungkinkan pengguna untuk menambahkan dan mengedit acara kalender, membuat catatan, dan menambahkan tugas serta pengingat. Ekstensi ini sekarang tersedia lebih luas setelah sebelumnya hanya terbatas pada perangkat Pixel 9.

Dengan ekstensi ini, pengguna yang berlangganan Google Workspace dengan add-on Gemini dapat mengakses fitur-fitur baru. Pengguna dapat membuat acara di Google Calendar, menemukan acara berdasarkan tanggal atau detail acara, serta mengedit atau membatalkan acara melalui chatbot Gemini.

Ekstensi Tasks memungkinkan pengguna menambah pengingat dan tugas, melihat daftar tugas, serta memperbaruinya. Di Google Keep, pengguna dapat membuat catatan dan daftar, menambahkan item ke daftar yang ada, dan mencari konten dari catatan yang telah dibuat.

Ekstensi ini dapat diaktifkan dengan memilih profil di pojok kanan atas aplikasi Gemini, memilih "Extensions," dan menghubungkan akun Google Workspace. Selain Calendar, Keep, dan Tasks, ekstensi Gemini juga mencakup Gmail, Google Docs, dan Google Drive, meskipun saat ini masih dalam versi beta terbuka.

Meskipun Gemini telah menerima berbagai ekstensi yang meningkatkan kemampuannya, fitur seperti panggilan telepon dan membalas pesan dari layar kunci yang dimiliki Google Assistant belum tersedia di Gemini, tetapi mungkin akan hadir di masa mendatang.