Gemini Kini Bisa Langsung Arahkan Pengguna ke Google Maps
Google perbarui aplikasi Gemini (foto: dok. Google)

Bagikan:

 

JAKARTA – GeminiArtificial Intelligence (AI) buatan Google, mendapat kan pembaruan baru-baru ini. Dalam pembaruan terkini, Gemini bisa memberikan arah dengan membuka Google Maps secara otomatis.

Sebelum diperbarui, Gemini bisa menjawab beberapa perintah seperti "Navigasikan saya ke (nama tempat)" dan "Bawa saya ke (nama tempat)". Gemini akan langsung merespons, tetapi ia hanya memberikan rute perjalanan dalam bentuk ringkasan.

Gemini juga akan menjelaskan berapa waktu yang perlu ditempuh pengguna dan berapa kilometer jarak yang akan ditempuh. Di akhir penjelasan, pengguna akan melihat tautan petunjuk arah. Ketika dibuka, pengguna akan memasuki aplikasi Google Maps.

Sekarang, Model Bahasa Besar (LLM) itu bekerja dengan lebih canggih. Ketika pengguna memberikan perintah yang sama, Gemini masih memberikan ringkasan perjalanan pengguna. Namun, beberapa detik kemudian, Maps akan langsung terbuka.

Maps akan memperlihatkan rute yang dijelaskan sebelumnya oleh Gemini. Pengguna juga akan melihat hal yang biasa mereka temukan di Maps, seperti waktu dan jarak. Dengan integrasi cepat ini, pengguna tidak perlu lagi mengeklik tautan di penjelasan Gemini.

Selain pembaruan berupa integrasi langsung ke Maps, Gemini juga mendapatkan pembaruan lainnya dalam mengerjakan perintah untuk mengingat acara dan membuat entri kalender. Dua hal ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan suara.

"Sekarang Anda dapat menggunakan suara Anda untuk mengatur pengingat dan entri kalender dengan aplikasi Gemini jika ekstensi Workspace Anda diaktifkan di pengaturan aplikasi Gemini Anda. Ketersediaan perluasan ruang kerja berbeda-beda di setiap negara," jelas Google di catatan rilis Play Store.

Selain itu, Google juga memperbarui sistem penggunaan perintah suara. Jika sebelumnya pengguna harus mengeklik tombol Kirim, kini Gemini akan menerima perintah suara dan langsung mengirimkannya secara otomatis agar perintahnya bisa segera direspons.