Google Tambahkan Banyak Pembaruan di Maps dengan AI dan AR
Google perbarui Maps dari navigasi hingga fitur pencarian dengan AI dan AR (foto: dok. Google)

Bagikan:

 

JAKARTA - Google menambahkan sejumlah pembaruan di Maps dengan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Pembaruan ini mencakup banyak hal, termasuk navigasi dan petunjuk arahnya.

Pembaruan pertama yang dijelaskan oleh VP and General Manager Chris Phillips adalah fitur Immersive View untuk rute. Fitur ini bisa digunakan untuk meninjau rute perjalanan dengan tampilan multidimensi.

Fitur ini sudah muncul sejak awal tahun, tetapi Google baru menerapkannya di beberapa negara. Sekarang, Immersive View sudah tersedia di Amsterdam, Barcelona, ​​Dublin, Florence, Las Vegas, London, Los Angeles, Miami, New York, Paris, San Francisco, San Jose, Seattle, Tokyo, dan Venesia.

Berikutnya, Google menambahkan fitur Lens di Maps, teman menjelajahi wilayah baru dengan AI dan augmented reality (AR). Fitur ini akan membuat pengguna lebih memahami situasi sekitarnya dan bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu mengetuk ikon Lens di kotak pencarian, kemudian arahkan ponsel ke berbagai bangunan atau tempat di sekitar untuk mendapatkan informasi. Fitur ini akan tersedia di lebih dari 50 kota pada minggu ini.

Selanjutnya, Google memperbarui peta navigasi yang lebih akurat. Selain warnanya yang diperbarui, bangunan yangb ditampilkan pun lebih realistis agar pengguna mampu membaca Maps dengan mudah.

Selain navigasi yang dibuat lebih akurat, informasi batas kecepatan per wilayah pun ditambahkan. Jika pengguna kesulitan menemukan rambu batas kecepatan, Google Maps sekarang akan menunjukkannya.

Kedua fitur ini akan tersedia beberapa bulan mendatang di iOS dan Android. Hanya saja, pembaruan navigasi baru akan tersedia di 12 negara sementara tampilan batas kecepatan diperluas ke 20 negara.

Pembaruan berikutnya merupakan fitur yang ditambahkan khusus untuk pengemudi kendaraan listrik. Sekarang, para pengguna mobil listrik tidak perlu risau untuk mencari tempat mengisi daya terdekat karena Maps bisa menampilkannya.

Mulai minggu ini, pengemudi kendaraan listrik bisa melihat informasi stasiun pengisian daya terdekat. Pengguna juga bisa mengetahui apakah pengisi daya itu kompatibel dan cepat.

Pembaruan terakhir yang Google tambahkan adalah penelusuran di Maps. Sekarang, aplikasi ini bisa memberikan jawaban atas pertanyaan penggunanya dan membantu dalam menemukan aktivitas yang tepat.

Sebagai contoh, ketika pengguna ingin menghabiskan waktu bermain di mal dengan hewan peliharaan dan tidak tahu lokasi yang tepat, pengguna bisa mengetikkan mal untuk bermain dengan anjing.

Hasil pencarian akan menunjukkan tampilan gambar menarik yang bisa dijadikan referensi tempat. Ketika gambar diketuk, Maps akan langsung menunjukkan nama dan lokasinya.

Google akan meluncurkan fitur pencarian alternatif tersebut di pekan ini. Beberapa negara yang akan merasakan pembaruannya adalah Prancis, Jerman, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.