Tiga Pembaruan Google Maps yang Memudahkan Perjalanan Saat Liburan
 Pembaruan Google Maps (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google Maps merupakan aplikasi yang tepat untuk menemani rencana liburan. Aplikasi ini bisa mengarahkan jalan, menunjukkan rute terbaik, memberikan informasi lalu lintas, hingga memantau kemacetan.

Kegunaan Maps tidak berhenti sampai di situ karena Google telah menambahkan beberapa fitur baru. Dengan beberapa pembaruan yang ditambahkan, Maps kini bisa merekomendasikan tempat terbaik, membuat daftar tempat, dan lainnya.

Pembaruan pertama yang Google luncurkan adalah rekomendasi tempat terbaik saat Anda mengunjungi suatu kota. Fitur ini akan bekerja saat Anda membuka Maps dan mengetikkan nama kota yang dikunjungi di kotak pencarian, lalu telusuri kota tersebut.

Saat hasil penelusuran terlihat, Anda bisa menggulir layar untuk melihat beberapa daftar. Aplikasi tersebut akan menampilkan Daftar Teratas yang berisi tempat yang selalu dikunjungi dan Daftar Tren Diperbarui yang menunjukkan tempat dengan lonjakan popularitas.

Ada juga Daftar Permata untuk menunjukkan tempat yang mungkin paling dirahasiakan di lingkungan tersebut. Seluruh daftar yang menampilkan rekomendasi tempat ini hanya diluncurkan di 40 kota yang ada di Amerika dan Kanada.

Berikutnya, Google menambahkan kemampuan untuk membuat daftar di Maps. Kemampuan ini dibuat agar para pengguna bisa mengatur berbagai tempat yang ingin dikunjungi. Pembaruan ini akan diluncurkan secara global di iOS dan Android pada akhir bulan Maret.

Untuk menggunakan fitur ini, buka tab Tersimpan dan ketuk tombol Daftar Baru. Setelah itu, Anda hanya perlu mencari tempat apa pun, kemudian klik Tambahkan Tempat. Lakukan cara yang sama untuk mengumpulkan lebih banyak tempat di daftar yang Anda buat.

Pembaruan terakhir yang Google luncurkan adalah pencarian restoran berdasarkan menu yang dihidangkan. Fitur yang ditenagai oleh Kecerdasan Buatan (AI) ini akan muncul saat pengguna mencari salah satu tempat makan dan melihat-lihat foto makanannya.

Saat pengguna kembali melihat peta, mereka akan melihat berbagai nama restoran dengan nama suatu hidangan. Maps juga akan menunjukkan informasi seperti biaya dari menunya, seberapa populer makanannya, dan apakah menu tersebut tergolong vegetarian dan vegan.