Google Maps Luncurkan Fitur dan Peningkatan Baru untuk Sambut Libur Lebaran
Google Maps dapat memberi tahu rute mana yang terdapat jalan tol atau tidak. (foto: dok. Google Maps)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang libur Lebaran, Google Maps mendapatkan pembaruan yang akan membantu untuk membuat perencanaan liburan sedikit lebih mudah, berkat detail yang disempurnakan dan fitur baru.

Sebelumnya, meskipun Google Maps dapat memberi tahu rute mana yang terdapat jalan tol atau tidak, pengguna tak mendapatkan banyak info lebih dari itu.

Namun sekarang, pembaruan yang diluncurkan akhir bulan ini akan mencakup lebih dari 2.000 jalan di seluruh Amerika Serikat (AS), India, Jepang, dan Indonesia, sehingga pengguna akan dapat melihat perkiraan harga tol yang bersumber dari otoritas setempat, sebelum mereka mulai menavigasi.

Untuk menghitung perkiraan harga tol suatu perjalanan, Google akan melihat hal-hal seperti biaya penggunaan kartu tol atau metode pembayaran lainnya, riwayat perjalanan dalam seminggu dan berapa perkiraan biaya tol pada waktu tertentu pengguna akan melintasinya.

Melansir Engadget, Rabu, 6 April, pembaruan ini berguna untuk memudahkan pengguna membuat pilihan antara mengambil jalan tol atau jalan biasa dengan melihat harganya terlebih dahulu.

Selain itu, Google juga menambahkan detail baru ke pengalaman navigasi aplikasi untuk mengurangi stress saat mengemudi di jalan yang tidak dikenal dengan menambahkan lampu lalu lintas dan rambu berhenti.

Pengguna akan melihat detail yang disempurnakan seperti kerangka bangunan dan bidang minat. Di beberapa kota, mereka akan disuguhi lebih banyak detail, seperti bentuk dan lebar jalan, termasuk median dan pulau.

Peta navigasi baru akan mulai diluncurkan ke negara-negara tertentu dalam beberapa minggu mendatang untuk pengguna Android, iOS, Android Auto, dan CarPlay.

Raksasa teknologi asal Mountain View, California, AS itu juga menambahkan pembaruan iOS yang dirancang untuk memudahkan penggunaan Google Maps saat bepergian, yakni widget perjalanan yang memungkinkan pengguna mengakses perjalanan yang telah disematkan di Tab Go langsung dari layar beranda iOS.

Dengan begitu, pengguna dapat melihat waktu kedatangan, keberangkatan berikutnya untuk perjalanan transit, dan rute yang disarankan jika pengguna mengemudi. Google juga membuat widget pencarian Google Maps yang ada dengan ukuran lebih kecil.

Kemudian, bagi pengguna yang ingin melakukan perjalanan dekat, Google menambahkan dukungan yang lebih dalam untuk Google Maps ke Apple Watch. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mencari tujuan dan bahkan melihat petunjuk arah di pergelangan tangan Anda, semua tanpa harus mengangkat telepon.

Terakhir, iOS Spotlight, Siri, dan aplikasi Shortcuts juga mendapatkan integrasi Google Maps dalam beberapa bulan mendatang, sehingga pengguna dapat lebih mudah mencari tempat menggunakan perintah suara.