Deretan Fitur AI Terbaru yang Diluncurkan Android
Fitur terbaru yang diluncurkan Android (foto: dok. Google) 

Bagikan:

JAKARTA — Android, anak perusahaan Google, mengumumkan deretan fitur yang baru mereka luncurkan. Berbagai fitur ini bisa dirasakan oleh pengguna ponsel, tablet, hingga smart watch

Fitur pertama yang diluncurkan adalah fitur ringkasan teks di Android Auto, aplikasi yang menghubungkan ponsel ke layar mobil. Dengan adanya fitur ini, teks panjang atau obrolan grup yang sibuk akan diringkas secara otomatis saat pengguna sedang mengemudi. 

Selain meringkas, fitur ini juga akan menyarankan balasan dan tindakan relevan seperti mengirimkan lokasi atau Estimated Time of Arrival (ETA), mengirimkan pesan dalam satu ketukan, dan memulai panggilan dengan cepat. 

Berikutnya, Android meluncurkan deskripsi gambar otomatis berbasis Kecerdasan Buatan (AI) di Lookout, aplikasi untuk tunanetra atau pengguna dengan penglihatan yang buruk. Fitur ini telah dirilis secara global, tetapi hanya tersedia dalam bahasa Inggris. 

Selanjutnya, ada fitur pembaca layar yang ditambahkan ke aplikasi Google Maps. Saat menggunakan Lens dan mengarahkan kamera ke segala arah, Talkback akan menjelaskan informasi dari tempat yang terlihat seperti jam buka, rating, atau jarak menuju tempat tersebut.

Fitur lainnya yang Google luncurkan adalah Spotify Connect untuk mempercepat proses transmisi. Saat sedang mendengarkan lagu di Spotify, pengguna ponsel Android bisa langsung mengalihkan lagu ke perangkat terdekat, seperti speakerheadphone, televisi, dan lainnya. 

Terakhir, Google meluncurkan akses tiket ke jam tangan Wear OS. Fitur ini bisa menampilkan boarding pass, tiket acara, keanggotaan gym, dan tiket lainnya yang dibeli di Google Wallet. Ketika pengguna harus melakukan taping, mereka bisa melakukannya dengan jam tangan.