Bagikan:

JAKARTA – Saat pertama kali diluncurkan pada awal tahun ini, Circle to Search merupakan fitur eksklusif untuk Samsung Galaxy S24 Series. Tak lama setelah itu, fitur buatan Google ini diperluas ke Pixel 8 dan 8 Pro.

Fitur ini juga telah diperluas lagi ke lebih banyak model perangkat, mulai dari ponsel lipat terbaru hingga ponsel dan tablet dengan versi yang lebih lama. Namun, fitur ini masih terbatas pada dua merek, yaitu perangkat buatan Samsung dan Google.

Dalam waktu dekat, batasan ini akan menghilang karena Google akan menghadirkan fiturnya ke ponsel berbasis Android lainnya. Kabarnya, perusahaan seperti Tecno dan Xiaomi akan mengadopsi Circle to Search ke dalam perangkat mereka.

Dalam laporan Android Central, Tecno akan meluncurkan Circle to Search ke ponsel lipat barunya, yaitu Tecno Phantom V Fold 2. Kabarnya, fitur ini akan tersedia pada Oktober, "ketika Google berencana untuk memperluas (fiturnya ke lebih banyak ponsel)."

Sementara itu, ponsel lain yang akan mendapatkan fitur ini adalah Xiaomi 14T. Perangkat yang akan diluncurkan pada akhir September ini dikabarkan akan menjadi ponsel pertama, selain produk Samsung dan Google, yang akan mendapatkan Circle to Search.

Xiaomi 14T akan menjadi perangkat dengan dukungan Kecerdasan Buatan (AI) dan Circle to Search hanya menjadi salah satu fitur besar dari perangkat tersebut. Belum banyak informasi mengenai fitur AI apa yang akan perusahaan itu luncurkan di seri 14T.

Sepertinya, peluncuran Circle to Search masih dibatasi di perangkat Android terbaru. Meski kabar perluasan ini baru muncul di Xiaomi dan Tecno, ponsel berbasis Android lainnya mungkin akan mengadopsi fitur ini di masa mendatang.