Bagikan:

JAKARTA – Pixel Screenshot merupakan aplikasi canggih untuk mencari dan mengelola hasil screenshot. Aplikasi yang menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) ini akan diintegrasikan ke fitur Circle to Search.

Ditemukan pertama kali oleh Android Authority, integrasi Circle to Search terlihat di aplikasi Google versi beta 15.32.37.29.arm64. Saat pengguna melakukan pencarian dengan Circle to Search, mereka akan melihat menu Simpan dengan logo aplikasi Pixel Screenshot.

Jika pengguna mengeklik tombol Simpan, seluruh kueri Circle to Search akan tersimpan di Pixel Screenshot bersama hasil screenshot atau tangkapan layar lainnya. Selain itu, pengguna juga akan melihat menu untuk melihat hasil tangkapan layar di dalam aplikasi.

Dari gambar yang ditampilkan, pengguna akan melihat informasi seperti kapan tangkapan layar disimpan dalam bentuk waktu dan tanggal. Pengguna juga bisa mengaktifkan AI Screenshot untuk meringkas tangkapan layar yang disimpan.

Untuk mengaktifkan fiturnya, pengguna hanya perlu mengeklik tombol Aktifkan AI di Setelan. Setelah fitur AI ini diaktifkan, pengguna akan melihat opsi untuk meringkas tangkapan layar, opsi untuk mencari konteks tangkapan layar, dan tindakan cerdas.

Aplikasi Pixel Screenshot hanya tersedia di Pixel 9. Oleh karena itu, integrasinya masih eksklusif di satu model perangkat. Google sempat mengatakan bahwa Pixel Screenshot menggunakan Gemini Nano sehingga aplikasi ini mungkin akan tersedia di seri Pixel 8.

Perluasan aplikasi ini juga masih belum jelas karena Google mengatakan bahwa Pixel Screenshot, "tidak tersedia dalam semua bahasa atau negara." Hingga saat ini, belum ada informasi negara atau bahasa apa saja yang ditambahkan ke aplikasi ini.