Bagikan:

JAKARTA – Apple Podcast akhirnya diluncurkan dalam versi web sehingga pengguna yang tidak memakai Mac bisa mengakses platform ini dengan mudah. Pengguna juga bisa mengunduh aplikasi web Apple Podcast.

Platform yang menawarkan berbagai episode podcast ini bisa diakses di Safari, Google Chrome, Microsoft Edge, dan Mozilla Firefox. Jika pengguna ingin memiliki aplikasi dari platform ini, mereka hanya perlu membuka situs web Apple Podcast dan menginstal aplikasi web.

Tombol pengunduhan biasanya terlihat setelah pengguna mengeklik ikon titik tiga vertikal di sudut kanan atas layar. Dengan mengunduh aplikasi web Apple Podcast, pengguna bisa mengakses platform dengan mudah tanpa perlu membuka browser.

Sebelumnya, Apple Podcast hanya tersedia dalam bentuk aplikasi di App Store. Ini merupakan masalah bagi para pengguna iPhone yang memiliki komputer non-Apple. Mereka hanya bisa menggunakan Apple Podcast di iPhone.

Kini, mereka bisa mengakses Apple Podcast di komputer apa pun selama browser yang digunakan memang mendukung. Menariknya, pengalaman mendengarkan Apple Podcast melalui aplikasi web terasa mirip dengan versi aplikasi aslinya.

Pengguna akan melihat tampilan yang tidak jauh berbeda dengan versi aplikasi asli, seperti tab Telusuri untuk melihat dan mencari berbagai podcast yang direkomendasikan, Beranda untuk melihat episode baru dari podcast yang diikuti, dan Tangga Lagu Teratas.

Selain itu, ada antrean Up Next dan pustaka acara yang disimpan. Sayangnya, aplikasi web Apple Podcast tidak memiliki fitur untuk mempercepat pemutaran. Fitur ini biasanya sangat dibutuhkan di platform podcast sehingga Apple mungkin akan menghadirkan fiturnya dalam beberapa waktu mendatang.