Bagikan:

JAKARTA – Apple Maps, aplikasi penunjuk arah buatan Apple, hanya bisa diakses dalam bentuk aplikasi selama bertahun-tahun. Namun, kini tidak lagi karena Apple Maps akan diluncurkan dalam versi situs web.

Pada Rabu, 24 Juli lalu, Apple mengungkapkan bahwa Maps di website sedang diuji coba dalam versi beta publik. Jika sudah dirilis dalam versi yang lebih stabil, seluruh jenis perangkat bisa mengakses Apple Maps di mana pun dan kapan pun.

Apple mengatakan bahwa Maps akan dirilis dalam bahasa Inggris dan akan kompatibel dengan Safari di seluruh perangkat Apple. Selain itu, pengguna Google Chrome dan Microsoft Edge, baik di macOS maupun perangkat Windows, bisa mengakses Apple Maps.

"Dukungan untuk bahasa, browser, dan platform tambahan akan diperluas seiring berjalannya waktu," jelas Apple. Pengembang iPhone itu tidak memberikan estimasi waktu kapan dukungan bahasa dan browser baru akan ditambahkan.

Apple juga menjelaskan bahwa seluruh pengembang, termasuk yang menggunakan MapKit JS, bisa menautkan Maps ke dalam web mereka. Dengan menambahkan Maps, pengguna bisa melihat petunjuk arah selama berkendara dan melihat informasi tempat secara rinci.

Selain itu, Maps di dalam website bisa digunakan untuk memberikan peringkat dan ulasan dari tempat yang dikunjungi. Pengguna juga bisa memesan makanan secara langsung dari kartu tempat di Maps, tetapi fitur ini tidak tersedia di seluruh negara.

"(pengguna bisa melihat) panduan yang dikurasi untuk menemukan tempat makan, berbelanja, dan menjelajah di kota-kota di seluruh dunia. Fitur tambahan, termasuk Lihat Sekeliling, akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang," jelas Apple.