Bagikan:

JAKARTA – YouTube mendesain ulang tampilan miniplayer saat pengguna memutar video di dalam aplikasi. Tampilan fitur ini diperbesar dan diubah menjadi Picture-in-Picture (PiP) dengan kontrol tambahan.

Sebelum diperbarui, tampilan miniplayer akan muncul di atas deretan tab saat pengguna keluar dari halaman pemutaran video. Miniplayer akan menampilkan video dalam ukuran kecil dengan keterangan judul dan saluran yang mengunggah video tersebut.

Tampilan fitur ini kurang menarik untuk dilihat selama pengguna mencari video lain. Oleh karena itu, YouTube mengganti miniplayer dengan jendela PiP. Jendela ini lebih nyaman untuk dilihat selama pengguna menjelajahi aplikasi YouTube.

Dilansir dari 9to5google, jendela PiP akan muncul dalam bentuk persegi panjang di sudut kanan bawah layar. Video yang ditampilkan tidak akan terpotong karena YouTube menyertakan latar belakang dalam dua warna, yaitu putih dan gelap, tergantung dengan tema videonya.

Tampilan warna yang terbatas ini bisa mengganggu tampilan video karen latar belakangnya bisa lebih menonjol dibandingkan dengan video yang terputar. Belum diketahui apakah YouTube berencana menambahkan mode ambient di jendela PiP.

Seperti miniplayer, jendela PiP akan menampilkan tombol Putar dan Jeda yang diapit oleh dua tombol baru, yaitu tombol Putar Balik 10 detik dan tombol Lewati 10 detik. Menariknya, pengguna bisa mengubah ukuran dan memindahkan jendelanya.

Miniplayer PiP sedang diluncurkan ke aplikasi YouTube untuk perangkat Android, tetapi hanya untuk sebagian kecil pengguna. Sepertinya, YouTube masih menguji fitur ini sebelum diperluas ke lebih banyak perangkat.