Google Menambahkan Kemampuan untuk Catatan Tangan di Google Documents di Android
Catatan tangan di Google Documents di Android (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google memperkenalkan beberapa fitur baru untuk pengguna Android, yang akan memungkinkan mereka untuk tetap produktif walaupun tanpa menggunakan PC atau laptop. 

Pertama, Google meluncurkan markup baru di Google Documents, yang memungkinkan Anda menambahkan anotasi tulisan tangan ke Dokumen dari ponsel atau tablet Android hanya dengan jari atau stylus. 

Alat markup ini pun bisa Anda sesuaikan seperti warna pena dan penyorot yang berbeda, peninjauan dokumen dan memberikan umpan balik menjadi cepat, fleksibel, dan mudah.

Dengan demikian, Anda akan bisa langsung memberikan catatan perbaikan di Dokumen terkait isi dari dokumen tersebut dengan mudah dan cepat. 

Kedua, dengan keterangan gambar di Lookout di Android, Anda dapat mendengarkan deskripsi AI yang dibuat secara otomatis mengenai foto, gambar online, dan gambar yang disertakan dalam pesan. 

Direktur Senior, Produk dan Desain, Wear OS oleh Google & GM, Android Health, John Renaldi mengatakan bahwa fitur ini dirancang untuk komunitas tunanetra dan low vision. Fitur ini kini diluncurkan secara global dalam bahasa Inggris. 

Selanjutnya, Google juga meningkatkan dukungan pembaca layar untuk Lens di Maps, untuk membantu Anda menjelajahi area sekitar dan mengidentifikasi tempat-tempat seperti ATM, restoran, dan stasiun transit. 

“Kini Anda dapat mengarahkan kamera ponsel ke sekeliling Anda dan TalkBack akan membacakan informasi tempat tersebut dengan jelas — seperti jam buka, rating, atau petunjuk arah menuju ke sana,” ujar Renaldi.