Google Lens Kini Bisa Dipakai untuk Menyalin Tulisan Tangan
Fitur baru di Google Lens (Blog Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google punya segudang fitur menarik yang bisa digunakan pada perangkat atau aplikasi miliknya. Salah satunya Google Lens, yang kini bisa digunakan penggunanya untuk menyalin tulisan tangan menjadi teks digital.

Dirangkum dari laman blog Google, Google Lens merupakan aplikasi mandiri yang disematkan pada perangkat Android untuk meningkatkan fungsi kamera. Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna android harus memiliki atau memperbarui aplikasi dari Google Lens. 

Bila sebelumnya, Google Lens bisa menampilkan informasi terkait benda atau tulisan yang disorotnya. Maka kali ini Google Lens memungkinkan penggunanya untuk menyalin tulisan tangan menjadi teks digital, sekali pun tulisan tangan tidak terlalu rapi.

Cara menggunakan fitur baru ini juga tidak sulit, pengguna Google Lens cukup mengarahkan kamera pada tulisan tangan yang ingin disalin. Setelahnya pengguna bisa menyalin teks digital itu ke laman Google Document atau aplikasi catatan lainnya untuk diedit sesuai kebutuhan. 

Pemakaian fitur baru Google Lens ini, terbilang cukup memudahkan penggunanya dalam menyalin tulisan atau teks secara instan. Selain itu Google Lens juga bisa mencarikan informasi atau mengartikan pesan atau teks ke dalam bahasa yang digunakan.

Selain fitur itu, Google juga menambahkan fungsi pelafalan pada aplikasinya. Sehingga memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan kata atau kalimat yang telah disorot kamera Google Lens.