Bagikan:

JAKARTA - Semua sudah dipermudah dengan adanya kemajuan teknologi saat ini. Salah satu contohnya adalah, Anda tidak perlu lagi mencetak undangan atau mengirim undangan langsung ke alamat yang dituju, dengan mengirimkan file lewat email, surat Anda sudah akan sampai ke orang tersebut. 

Untuk mengirim email tersebut kembali tapi tidak melalui Gmail, Anda cukup hanya menyalin teks dari dokumen melalui PC, Laptop, atau ponsel Anda, dan kemudian tempel teks tersebut ke Whatsapp, atau aplikasi lain. 

Meneruskan pesan, atau mengutip kata-kata ucapan yang indah dari Google juga tidak perlu menulisnya secara manual. Copy dan Paste dapat mempermudah masalah seperti itu. 

Namun, bagaimana jika Anda ingin menyalin teks dari sebuah foto? Anda tidak dapat menyalin begitu saja teks yang ada di foto. Untuk kasus ini, Anda membutuhkan bantuan. Salah satu yang paling mudah dan efektif adalah menggunakan Google Lens. 

Melansir dari website Google, Anda bisa mendapatkan detail atau mengambil tindakan pada foto, objek di sekitar Anda, dan hasil penelusuran gambar dengan Google Lens.

Untuk menggunakan Google Lens cukup mudah, berikut langkah-langkah yang bisa Anda coba dirumah. 

  1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Foto.
  2. Pilih foto.
  3. Ketuk Lens
  4. Bergantung pada foto Anda, periksa detailnya, lakukan tindakan, atau temukan produk serupa. 

Atau, jika Anda ingin mengaksesnya dengan lebih mudah Anda dapat menggunakan widget Google di layar utama ponsel Anda. 

  1. Pada widget Google, pilih ikon Kamera di samping ikon mic. 
  2. Pilih Foto. 
  3. Dari situ, ambil tindakan yang Anda butuhkan. 

Anda akan menemukan opsi untuk memilih teks, terjemahkan teks, telusuri, belanja, belajar, tempat, dan makan. Pilih satu opsi yang Anda perlukan. Untuk menyalin teks dari foto, Anda dapat memilih opsi "Teks" dan kemudian pilih teks yang ingin Anda salin.