Sekarang Google Lens Bisa Dipakai Untuk Menerjemahkan Secara <i>Offline</i>
Google Lens (Google Play Store)

Bagikan:

JAKARTA - Google Lens jadi fitur eksklusif yang tersedia secara mandiri di perangkat android. Sejak diluncurkan di ajang Google I/O 2017, banyak pengguna android yang terbantu dengan kehadiran fitur satu ini. 

Salah satunya menerjemahkan bahasa asing hingga fitur pencarian. Terlepas dari itu, fitur terjemahan yang ada di Google Lens sudah bisa digunakan secara offline bagi pengguna android.

Pertama kali dilaporkan oleh 9to5Google (H/t XDA-Developers), dukungan Terjemahan Offline dari Google Lens diluncurkan untuk pengguna Android.

Pembaruan ini, dari sisi server, mungkin membutuhkan beberapa hari untuk menjangkau semua orang. Apa pun itu, untuk memanfaatkan terjemahan offline, pengguna pertama-tama hanya perlu membuka Aplikasi Google Lens.

Kemudian pilih opsi "Terjemahkan" dan Pilih menu Bahasa yang muncul di bagian atas. Di sini, tidak seperti sebelumnya, ikon Unduh akan muncul di samping bahasa yang tersedia. Saat Anda menekannya, file paket akan diunduh ke perangkat Anda.

Setelah ini, Anda dapat menggunakan fitur tersebut secara offline, yaitu tanpa konektivitas Internet. Perlu dicatat bahwa terjemahan offline bekerja sama baiknya dengan mode online.

Seperti yang Anda lihat di atas, pratinjau gambar dengan tag 'offline' di bawah akan muncul di hasil. Anda selalu dapat mengetuk tanda centang bahasa untuk menghapus hasilnya jika Anda tidak menyukainya.

Sejak awal diluncurkan, Google telah memperbarui aplikasi Google Lens dengan banyak fitur. Beberapa yang menonjol termasuk mengenali teks tulisan tangan, menyalin teks yang dipindai, memecahkan soal matematika dan sains, dan banyak lagi.

Hasilnya, aplikasi tersebut mendapatkan popularitas yang luar biasa, hingga berhasil mencapai 500 juta unduhan di Play Store baru-baru ini.