Ada Bug di Pixel 4A 5G, Google: Segera Kami Perbaiki
Google Pixel 4A 5G (9to5google)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak pengguna Google Pixel 4A 5G menyampaikan adanya masalah pada bagian layar sentuh usai memperbarui versi keamanan bulan Desember lalu. Menurut penelusuran penulis, banyak pengguna mengeluhkan kegagalan layar sentuh merespon sentuhan di bagian bawah layar.

Bagi pengguna yang mengaktifkan navigasi berbasis gestur, problem tersebut tentu tidak terlalu dihiraukan. Lain soal buat pengguna yang masih mengandalkan tiga tombol navigasi yang terletak di bagian bawah.

Berdasarkan video yang dibagikan pengguna forum XDA, kita bisa melihat jika layar bagian bawah bereaksi cukup bagus terhadap usapan horisontal dan sentuhan yang mendekati pinggir layar. Sayangnya, bagian input yang terletak di sebelah kanan seringkali hilang.

Selain itu, ada juga jenis eror di mana kentukan di bagian pinggir tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal layar bagian tengah berfungsi normal. Bisa disimpulkan, ada beberapa jenis eror yang dialami pengguna.

Tanggapan Google

Laporan demi laporan disampaikan pengguna lewat berbagai forum virtual. Mulai dari forum dukungan Google, Google IssueTracker, hingga forum XDA-Developers. Dan setelah beberapa pekan dalam penantian, perusahaan akhirnya angkat bicara.

Melalui forum dukungan Pixel, Google menjelaskan bahwa akan memberi perbaikan dari bug tersebut pada pembaruan perangkat lunak selanjutnya. Hanya saja, tampaknya pengguna masih harus menunggu selama beberapa saat.

Berdasarkan laporan Android Police, pembaruan keamanan Google Pixel bulan Januari tidak menyertakan perbaikan tersebut. Sementara itu, Google menyarankan agar pengguna melakukan instruksi yang diberikan perusahaan agar mengatasi sementara navigasi layar.

Pertama, saat mengetuk ikon yang terletak di bagian pinggir, tap juga tombol atau ikon yang terletak di seberang dari lokasi aplikasi yang ingin dibuka. Misal, jika aplikasi terletak di sisi kanan, maka Anda bisa mengetuk aplikasi atau bagian kosong yang terletak di sisi kiri.

Kedua, saat mengetuk ikon, termasuk tombol navigasi, gunankan ujung jari atau jempol. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengenalan sentuhan pada layar.

Ya, bukan tugas yang mudah untuk dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu, semoga kendala ini bisa diatasi perusahaan tak lama lagi.