Google Tak Lagi Jual Pixel 3 dan Pixel XL
Google Pixel 3 (GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA - Google secara resmi menyudahi penjualan smartphone Pixel 3 dan 3 XL. Sebab Google sedang bersiap untuk memproduksi varian terbaru dari seri Pixel.

Melansir GSM Arena, Pixel 3 dan Pixel 3 XL tak lagi tersedia di toko daring Google Store. Sama seperti varian pendahulunya, Google memberikan kesempatan pasar untuk seri Pixel 4 dan Pixel 4a yang akan dirilis selanjutnya.

Sejatinya usia Pixel 3 baru berjalan setahun lima bulan, sejak dirilis pada Oktober 2018. Timing penghentian penjualan smartphone ini pun mengikuti seri pendahulunya, yakni Pixel 2 dan 2 XL yang tak lagi dijual pada 1 April 2019.

Menurut juru bicara Google, ini merupakan kesempatan bagi penggemar Pixel untuk bisa membeli varian terbaru dari produknya. Kendati tak lagi dijual, Google menjamin dukungan software bagi pengguna Pixel 3 dan 3 XL hingga Oktober 2021 mendatang. 

Itu artinya Pixel 3 series masih akan mendapat Android versi 11 dan bisa jadi 12. Demikian pula untuk Pixel 3a, yang kemungkinan akan tergantikan tempatnya sebagai ponsel terjangkau untuk Pixel 4a.

Secara singkat performa Pixel 3 sangat memukau. Tak sedikit pula yang memuji hasil jepretan single kamera belakang Google Pixel 3, karena menghasilkan saturasi gambar yang detil dibanding ponsel dengan banyak kamera.

Ukurannya yang ringkas dengan dimensi body 5,5 inci, membuat ponsel ini nyaman digenggam. Apalagi kemampuan komputerisasi Google yang menyematkan chipset Snapdragon 845 dengan octa-core 2,5GHz + 1,6GHz serta kartu grafis Adreno 630, membuat multi-tasking ponsel ini ngebut.

Sedangkan untuk penerusnya Pixel 4 series, akan menggunakan chipset Snapdragon 865 dan konektivitas jaringan 5G. Untuk varian terjangkaunya Pixel 4a akan hadir menggunakan prosesor Snapdragon 730, dengan RAM 6GB dan storage 64GB atau 128GB. 

Menarik terakhir dari billboard tersebut adalah harga, di mana disebutkan kalau Pixel 4a akan dijual dengan harga 399 dolar AS, atau sekitar Rp5,8 juta. Ini adalah harga yang sama dengan Pixel 3a ketika dirilis setahun yang lalu.