Google Pixel 4a yang Tampil Kekinian
Google PIxel 4a (GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA - Goole resmi mengumumkan penerus ponsel budget-nya, Pixel 4a. Versi terjangkau dari Pixel 4 dan Pixel 4 XL ini merupakan suksesor dari Pixel 3a yang dirilis tahun lalu. 

Dilansir dari The Verge, Selasa 4 Agustus, Pixel 4a hanya hadir dalam satu model tanpa adanya varian XL yang berukuran lebih besar. Menariknya Pixel 4a justru hadir dengan tampilan baru yang memiliki punch hole dan rasio layar kekinian.

Google juga masih menggunakan bodi plastik untuk varian murah dari Pixel series ini. Bahkan Pixel 4a dibanderol dengan harga cukup terjangkau yang bisa menyaingi kompetitornya Apple dalam mengeluarkan varian iPhone SE 2020.

Memiliki bentang layar 5,81 inci (OLED) dengan resolusi Full HD+ 1080x2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9. Google menghadirkan tampilan baru di Pixel 4a, sekalipun hanya mendukung refresh rate 60Hz. 

Pada bagian belakangnya, Google hanya memberikan satu kamera tunggal beresolusi 12.2MP dan LED flash dalam modul persegi seperti kepunyaan Pixel 4. Sedangkan di dalam punch-hole, Google membenamkan kamera selfie 8MP dengan sensor Sony IMX355 yang mendukung EIS. 

Kendati hanya dibekali satu kamera, Google tetap membenamkan fitur-fitur ikonik yang ada di Pixel series. Mode pemotretan malam hari, alias Night Sight dengan fitur Astrophotography, Portrait Mode, fitur Top Shot, Live HDR+, Super Res Zoom serta fitur OIS menjadi senjata unggulan Google. 

Beralih ke aspek performa, Pixel 4a ditenagai dengan chipset Snapdragon 730G serta dipadukan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Baterainya berkapasitas 3.140 mAh dan mendukung pengisian cepat 18W serta fitur Power Delivery 2.0 melalui port USB-C. Selain itu Google masih menggunakan pemindai sidik jari konvensional yang ditempatkan di bagian belakang.

Google Pixel 4a 5G (dok. GSM Arena) 

Tak seperti pendahulunya, Pixel 4a hanya tersedia dalam satu varian warna yakni Just Black. Pixel 4a dibanderol dengan harga 349 dolar AS atau sekitar Rp5,1 juta.

Meski terbilang murah, ponsel ini baru akan dijual pada 20 Agustus mendatang untuk pasar Amerika Serikat. Dalam kesempatan yang sama, Google juga mengumumkan Pixel 4a dengan dukungan 5G, yakni Pixel 4A 5G.