Google Ternyata Masih Pakai Nama Camilan untuk Android 11
Ilustrasi OS Android (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak tahun lalu, Google sudah tak lagi menggunakan nama camilan sebagai inisial sistem operasi (OS) Android. Langkah itu dilakukan Google sejak mereka merilis Android 10. 

Namun sepertinya, tradisi Google untuk menamai OS Android dengan nama-nama camilan tak hilang, sekalipun menggantinya dengan angka. Seperti dikutip dalam wawancara VP of Engineering Android Dave Burke bersama Droid Life, mengungkapkan jika tim internal pengembangan Google masih menggunakan kode khusus untuk penamaan Android 11.

"Kami mengubahnya menjadi 11, jadi ini Android 11. Namun, jika Anda bertanya kepada anggota tim saya 'Apa yang mereka kerjakan?' Mereka akan mengatakan 'RVC' dan itu adalah 'Red Velvet Cake," ungkap Bruke seperti dikutip dari PhoneArena, Senin, 27 Juli.

Berdasarkan tradisi Google, pengembangan OS Android merujuk pada urutan alphabet. Di mana Android 10 seharusnya akan disebut sebagai Android Q, yang disebutkan Burke memiliki nama internal berupa 'Quince Tart'.

Meski sebatas penamaan di tim internal, Google tetap mempertahankan tradisinya untuk menamai OS Android. Karenanya, OS Android 11 yang akan segera dirilis dapat pula disebut sebagai Android R atau 'Red Velvet Cake', sebagai nama internalnya.

Sejatinya, Google untuk mengganti kebiasaan penamaan OS Android menggunakan nama camilan, sejak merilis Android 10, pada 2019. Keputusan Google menggunakan pola angka atau numerik dilakukan karena dianggap lebih universal. 

Pasalnya penamaan OS Android dengan nama camilan, cukup sulit untuk dilafalkan di beberapa negara yang tidak memiliki jenis makanan tersebut. Namun jika merujuk pada urutan alphabet, penggunaan nama camilan telah dilakukan Google sejak merilis Android 1,5 pada tahun 2009 yang diberi nama Cupcake

Sejak itulah setiap versi sistem operasi robot hijau milik Google ini diberi nama camilan manis, seperti Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo dan Pie. Kini OS Android 11 Google rencananya akan dirilis pada akhir 2020 mendatang.