Apple iOS 14 Kembali Tangkap Basah Aplikasi yang Menguntit Penggunanya
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Mendatangkan iOS 14 merupakan suatu anugerah bagi pengguna ponsel saat ini, khususnya perangkat Apple. Sebab, dengan iOS 14 berhasil mengetahui sejumlah aplikasi yang berusaha menguntit aktivitas pengguna iPhone.

Melansir ZDNet, Minggu 5 juli, meski belum resmi diluncurkan, tetapi telah tersedia versi beta atau uji coba iOS 14 yang sudah bisa diunduh. Sistem operasi baru Apple ini mencakup fitur keamanan baru yang memperingatkan pengguna ketika aplikasi menyalin teks yang diketik di clipboard iPhone, tempat data yang berpotensi sensitif seperti kata sandi dapat disimpan. Kemungkinan hal ini juga bisa terjadi pada pengguna Android.

Fitur ini telah mengekspos beberapa aplikasi yang melakukan kesalahan, termasuk TikTok. iOS 14 kembali menemukan aplikasi serupa yakni Reddit dan platform jaringan profesional dan pencarian kerja LinkedIn.

Salah satu pendiri pembuat situs web, Urspace, Don Morton lewat akun Twitter-nya mengungkapkan telah menemukan bukti bahwa LinkedIn terus menerus menyalin isi clipboard MacBook Pro-nya. Dia mengetahui data tersebut saat ia menggunakan iPad Pro-nya

VP Engineering of Consumer Products, Erran Berger dengan cepat menanggapi penemuan Morton. Perusahaan tersebut langsung merilis versi terbaru dari aplikasi iOS platform ini ke App Store Apple.

"Kami tidak menyimpan atau mentransmisikan konten clipboard. Kami akan menindaklanjutinya setelah perbaikannya tinggal di aplikasi kami," kata Berger.

Selain itu, Morton juga menemukan masalah yang sama dengan Reddit, di mana ketikan teks pada clipboard disalin dengan masing-masing penekanan tombol.

Reddit juga menanggapi posting Morton dalam sebuah pernyataan yang mengklaim bahwa aplikasi tersebut tidak menyimpan atau mengirim konten clipboard. Namun mereka juga akan berencana merilis pembaruan aplikasi pada 14 Juli mendatang.

"Kami melacak ini ke codepath di komposer pos yang memeriksa URL di papan tulis dan kemudian menyarankan judul posting berdasarkan isi teks dari URL," ungkap juru bicara Reddit.

Dalam postingan blog-nya, Morton mengungkapkan bahwa masalah sebenarnya adalah aplikasi apa pun memiliki kemampuan untuk mengakses clipboard di iPhone tanpa meminta izin dari pemilik perangkat. Dia menyarankan agar Apple dan Google meminta aplikasi untuk meminta izin terlebih dahulu dari pengguna sebelum menyalin konten di clipboard mereka.

Kendati demikian, LinkedIn dan Reddit bukan satu-satunya aplikasi yang tertangkap basah menyalin konten clipboard. Peneliti Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk telah menerbitkan daftar lebih dari 50 aplikasi iOS yang melakukan hal yang sama.

Salah satu aplikasi yang paling menarik perhatian beberapa minggu lalu yakni TikTok, yang sebenarnya bukan model peran privasi. Menurut Bakry dan Mysk, TikTok telah berhenti melakukan ini dalam merilis update aplikasi.

Ada beberapa aplikasi yang cukup terkenal dalam daftar yang mengklasifikasikan aplikasi ke dalam kategori berita, gim, jejaring sosial, termasuk CNBC, Fox News, New York Times, Accuweather, Bed, Bath & Beyond, Overstock, dan Weather Network.