Aplikasi Jurnal Apple Akan Rilis di Pembaruan iOS 17.2
Ket. foto: iOS 17.2 Developer Beta terlihat menambahkan aplikasi Jurnal (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Jurnal, aplikasi yang diumumkan melalui acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023, akan segera hadir bagi seluruh pengguna iOS 17. Kabar yang telah lama ditunggu.

Dalam laporan Techradar, aplikasi Jurnal terlihat di iOS 17.2 Developer Beta. Jika sudah berada di tahap ini, Jurnal akan segera tersedia dalam versi beta publik sebelum dirilis sepenuh beberapa minggu kemudian.

Sebenarnya, Jurnal merupakan aplikasi sederhana yang dikembangkan oleh Apple. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa membuat catatan keseharian dengan penambahan teks, foto, video, hingga audio.

Pada dasarnya, aplikasi ini memang dibuat layaknya diari dalam versi digital. Menariknya, aplikasi ini tidak terbatas pada kebutuhan file, tetapi juga pada seluruh aktivitas di ponsel penggunanya.

Aplikasi ini mampu mengakses dengan siapa pengguna melakukan FaceTime hingga lokasi yang sedang dikunjungi. Aplikasi ini juga bisa mengingatkan penggunanya untuk membuat jurnal setiap hari.

Apple sendiri membuat user interface (UI) yang sederhana di jurnal agar penggunanya terbiasa untuk menambah catatan setiap hari. Namun, ada kesulitan tersendiri dari tampilan aplikasi ini.

Meski Jurnal bisa memfilter pencarian khusus, seperti membuka entri dengan video atau gambar, hal ini cukup merugikan dalam pencarian rekaman audio. Rekaman ini tidak ditranskrip sehingga pengguna tidak bisa memfilternya.

Selain itu, pengguna tidak bisa mencari kata kunci di pencarian. Posisi ini bisa menyebabkan penggunanya menghabiskan banyak waktu dengan menggulir layar hanya untuk mencari satu jurnal.

Meski Jurnal sudah terlihat di iOS 17.2 pada developer, aplikasi ini belum jelas kapan bisa digunakan. Pasalnya, Apple baru merilis iOS 17.1 beberapa hari yang lalu dan pengguna harus menunggu beberapa bulan lagi.