Versi Beta iOS15 Banyak Masalah, Tunggu Versi Resmi Keluar Jika Ingin Gunakan
Masih banyak bug dalam versi beta iOS 15, pengguna disarankan tunggu versi resmi. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Versi Beta dari iOS 15 dan iPadOS 15 telah hadir. Ini adalah perangkat lunak yang akan berjalan di jutaan iPhone dan iPad ketika Apple merilis versi final musim gugur ini. Versi baru ini akan memberi penggunanya tampilan awal fitur baru seperti Teks Langsung, FaceTime di Android, dan fitur privasi baru. 

Proses instalasinya hanya membutuhkan beberapa ketukan di layar iPhone. Pengguna bahkan dapat kembali ke iOS 14 kapan saja. Akan, tetapi sebelum pengguna menggunakan iOS 15 beta, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Terutama jika "hanya" memiliki satu iPhone atau iPad.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya adanya Bug, daya tahan baterai yang buruk dan aplikasi yang berpotensi rusak. Pengguna akan mengalami satu atau lebih faktor tersebut saat program beta berjalan. Jika pengguna bertekad untuk menginstal iOS 15 di perangkat Apple utamanya, inilah yang beberapa hal yang benar-benar harus ketahui.

Beberapa bug iOS 15 akan terlalu banyak untuk ditangani

Versi Beta disebut demikian karena belum selesai dan pasti ada masalah. Misalnya, beta kedua iOS 14.7 mencakup masalah yang menyebabkan beberapa iPhone tidak mengenali kartu SIM di dalam telepon.  

Bug dan masalah seperti itu pasti akan muncul di iOS 15 dan iPadOS 15. Bug tersebut akan mengganggu dan membuat pengguna tidak nyaman. 

Kemudian beberapa aplikasi juga tidak akan bekerja dengan baik. Setiap kali Apple membuat perubahan besar pada sistem operasi dan API dasar yang digunakan pengembang untuk membangun fitur dan layanan baru, biasanya itu berarti alat pengembang yang lebih lama dihapus atau cara kerjanya diubah.

Bahkan sedikit perubahan saja dapat menyebabkan aplikasi tidak lagi berfungsi sama sekali.

Jika ada aplikasi yang Anda andalkan setiap hari, lebih baik menunggu hingga mendekati rilis resmi sebelum bergabung dengan versi beta.

Selanjutnya, daya tahan baterai hampir selalu bermasalah. Jika Anda cukup beruntung untuk tidak memiliki masalah pada aplikasi apa pun yang digunakan pada versi beta, maka hampir tidak ada yang kebal dari masalah daya tahan baterai selama memakai beta iOS.

Salah satu hal terakhir yang dilakukan Apple selama program beta adalah mengoptimalkan aplikasi, fitur, dan layanan untuk efisiensi baterai. Dalam program beta sebelumnya, sering kali ditemukan kasus pengisian daya di tengah hari, bahkan dengan penggunaan minimal. 

Hal yang sama berlaku untuk pasangan pertama iOS 15 beta. Pengguna terpaksa harus mengisi daya ponselnya setiap kali, untuk bisa bertahan hingga malam hari setelah diisi daya malam sebelumnya.  Daya tahan baterai di versi beta selalu menderita.

Beruntung Apple telah merilis casing baterai untuk iPhone generasi saat ini yang telah membantu, tetapi tahun ini perusahaan belum merilis apa pun untuk jajaran iPhone 12.

Jika Anda menginstal iOS 15 beta, bersiaplah untuk membawa alat pengisi daya, dan kabel, karena pasti akan membutuhkannya setelah beberapa jam perangkat digunakan.

Saran peneliti , jika ingin menggunakan iOS 15 dan iPadOS 15, maka sebaiknya menunggu lagi beberapa bulan ke depan agar Apple memperbaiki sejumlah kelemahan itu.  Sekitar bulan Agustus nanti versi resmi yang lebih baik diprediksi akan keluar. Itulah saat yang tepat untuk menggunakan versi terbaru ini.