Beragam Fitur Baru iOS 14 yang Diumumkan Apple WWDC 2020
Sederet fitur baru iOS 14 (tangkapan layar keynote Apple WWDC 2020)

Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja memperkenalkan sistem operasi terbarunya iOS 14, dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020 yang digelar secara online. Banyak fitur baru yang ditawarkan Apple pada penerus iOS 13 ini.

Cukup banyak pembaruan software (perangkat lunak) yang dihadirkan Apple untuk memoles performa gawainya. Sederet fitur baru iOS 14 difokuskan pada tampilan antarmuka (UI) di setiap perangkat iPhone. 

"IOS 14 mengubah elemen paling ikonik dari pengalaman iPhone, dimulai dengan pembaruan terbesar yang pernah kami di Home Screen," kata wakil presiden senior Apple untuk Rekayasa Perangkat Lunak, Craig Federighi dikutip dari siaran resmi Apple, Selasa, 23 Juni.

Beberapa pembaruan yang dihadirkan Apple pada iOS 14 di antaranya seperti fitur App Library yang mirip App Drawer (laci aplikasi) di Android, widget yang kini bisa menghiasi home screen, fitur picture-in-picture (PiP) yang sebelumnya hadir di iPad, dan beragam pembaruan aplikasi bawaan.

Menariknya, iOS 14 bisa berjalan di seluruh iPhone yang sebelumnya telah mendukung iOS 13. Dengan kata lain, gawai lama Apple yang usianya masih di bawah lima tahun, seperti iPhone 6s hingga iPhone SE masih akan mendapatkan pembaruan iOS 14.

Selain iPhone, gawai Apple lainnya seperi iPad Air generasi ketiga juga bisa menjalankan update iOS versi teranyar ini. iOS 14 sendiri sudah bisa diunduh, namun masih dalam mode pengembang (developer beta). Rencananya, versi public beta dari iOS 14 baru bisa dinikmati pengguna iPhone pada Juli 2020 mendatang.

Lebih jelasnya, VOI telah merangkum sederet fitur baru yang hadir pada iOS 14. Berikut daftar pembaruan iOS 14:

App Library

Fitur terbaru ini sebenarnya jika dilihat sama persis dengan fitur yang ada di smartphone Android saat ini. Pengguna bisa mengelompokkan aplikasi di dalam satu folder. Misalnya saja pengguna baru saja mendownload gim, maka bisa langsung membuat folder khusus gim untuk lebih terlihat rapih dan mudah ditemukan.

Widget

Apple mendesain ulang tampilan widget di iOS 14 menjadi lebih menarik dan mudah diakses. Kini pengguna bisa menempatkannya di home screen dengan berbagai pilihan ukuran.

New Call Screen

Ketika ada sebuah panggilan, FaceTime, atau interaksi Siri mengenai perangkat, mereka tidak akan lagi menutup seluruh layar seperti yang terjadi sebelumnya. Panggilan akan muncul di area Notifikasi di bagian atas, sangat mirip dengan yang dimiliki Samsung One UI-ish, sedangkan animasi Siri berada di bagian bawah layar di mana terdapat tombol Home.

Picture-in-Picture

Video apa pun yang sedang ditonton secara otomatis bisa diminimize saat pengguna menggesek ke layar beranda, dan pengguna juga dapat menempatkannya di mana saja di layar sesuai keinginan.

Siri

Siri mendapatkan antarmuka baru, tapi itu bukan satu-satunya trik baru. Lingkaran Siri berada di bagian bawah layar, berbayang di atas semua elemen UI lainnya, dan dapat memunculkan Widget saat diperlukan. Fitur-fitur baru lainnya termasuk kemampuan untuk mengirim rekaman suara melalui Pesan dan menerjemahkan lebih banyak bahasa.

Apple Translation

Aplikasi Translate yang baru dapat menerjemahkan teks dan audio dalam 11 bahasa yang berbeda, termasuk Inggris, Spanyol, Prancis dan Mandarin. Aplikasi ini pun dapat menerjemahkan secara real time ketika dua orang berbicara bahasa yang berbeda pada iPhone.

Message Conversation

Jika ada satu hal yang saya benar-benar ingin Apple perbaiki tahun ini, itu adalah pemberitahuan untuk Pesan. Google memiliki solusi hebat di Android 11, dan Apple memiliki sesuatu yang serupa.

Saat ini pengguna dapat menyematkan kontak dan grup favorit untuk memastikan obrolan itu tetap di bagian atas kotak masuk setiap saat. Mereka akan muncul dengan lingkaran besar yang menampilkan Emoji atau foto orang tersebut, dan pengguna akan melihat kapan mereka online, typing, dan pesan terbaru mereka.

Apple Maps

Apple Maps adalah puncak dari iOS 14, dan versi aplikasi yang sama akan menekan macOS Big Sur juga. Apple mengatakan aplikasi navigasinya menjadi jauh lebih baik di iOS 14. Dengan membawa pembaruan antaralain opsi petunjuk arah bersepeda, dan dukungan untuk mobil listrik, lengkap dengan stasiun pengisian EV. Apple Maps juga bisa menyimpan nomor plat mobil atau motor.

Fitur baru di iOS 14 (tangkapan layar Keynote Apple WWDC 2020)

iPhone as Car Key

Bisakah ponsel Anda menjadi kunci mobil? Nah, dengan iOS 14 dan mobil yang didukung, itu mungkin saja. Pengguna dapat meninggalkan kunci mobil fisik yang sebenarnya di rumah dan hanya menggunakan iPhone untuk membuka kunci mobil dan menyalakan mesin. Mobil pertama yang mendukungnya adalah BMW Seri 2021, tetapi kedepannya akan lebih banyak lagi.

Pengguna juga akan dapat berbagi akses secara aman dengan siapa pun, dan bahkan membatasi aksesibilitas yang dimiliki orang lain. Semuanya dienkripsi dan dilindungi oleh FaceID, dan pengguna bisa membatasi akses dengan mudah.