Bagikan:

JAKARTA – Apple akan menggelar Worldwide Developers Conference (WWDC), acara tahunan bagi para pengembang aplikasi, pada Juni mendatang. Kabarnya, perusahaan itu akan memperkenalkan Siri versi terbaru.

Dilansir dari New York Times, Apple menambahkan Artificial Intelligence (AI) generatif ke dalam model Siri terbaru. Perusahaan itu sengaja merombak Siri karena mereka ingin bersaing dengan ChatGPT buatan OpenAI.

Dengan menggunakan AI generatif, Siri akan menjadi asisten virtual yang lebih komunikatif, bisa memahami konteks dengan cepat, dan memberikan respons yang lebih natural serta masuk akal. Perubahan ini akan menjadi peningkatan yang sangat besar.

Versi Siri yang saat ini tersedia dan bisa digunakan di iPhone hingga Mac hanya menggunakan sistem tanya-jawab satu kali. Oleh karena itu, Siri sering salah memahami ucapan atau perintah pengguna dan memberikan respons yang tidak sesuai.

Dengan mengubah pondasi Siri, Apple berharap asisten virtual ini bisa menangani berbagai tugas dengan lebih baik seperti menyetel pengatur waktu dan membuat pengingat. Selain itu, ada fitur baru yang akan ditambahkan seperti kemampuan meringkas pesan teks.

Siri hanya salah satu perubahan yang akan diumumkan di WWDC. Selain mengumumkan Siri, Apple diperkirakan akan mengumumkan iOS 18 dengan perubahan pada sistem operasinya. Apple juga akan menghadirkan berbagai fitur andalan berbasis AI.

Belum banyak informasi mengenai fitur terbaru di iOS 18. Namun, beberapa sumber sempat mengatakan bahwa sistem iOS 18 akan menyertakan pembaruan pada layar beranda, perubahan desain, dan menambahkan fungsi baru di berbagai aplikasi inti.