Bagikan:

YOGYAKARTA - Apa itu file APK? Terus, gunanya apa? Untuk kalian yang memakai fitur Android bisa jadi sempat mendengar sebutan APK, kan. Walaupun bisa memakai Android tanpa sempat menekuni arti APK, belajar sedikit bakal menolong kamu buat menguasai platform ini lebih lanjut.

Nah, buat dapat mengenali lebih jauh menimpa file APK, kalian dapat menyimak pembahasannya di dasar ini. Ikuti terus ulasan mengenai pengertian serta guna file APK yang sudah dirangkum berikut ini, ya!

Pengertian File APK

APK merupakan singkatan dari Android Package (kadangkala pula diucap Android Package Kit ataupun Android Application Package). Ini merupakan format file yang digunakan Android buat mendistribusikan serta menginstal aplikasi.

Sehingga, APK berisi seluruh elemen yang dibutuhkan aplikasi buat diinstal dengan benar di fitur yang kalian pakai.

APK ialah file arsip, yang berarti bahwa ia berisi sebagian file, ditambah sebagian metadata tentang mereka. Kalian bisa jadi telah sering di dengar dengan tipe file arsip yang lain, semacam ZIP serta RAR.

Secara universal, file arsip semacam ZIP digunakan buat mencampurkan sebagian file jadi satu, biar lebih gampang dipindahkan ataupun dikompres buat mengirit ruang. Saat suatu arsip digunakan buat mendistribusikan fitur lunak, hingga disebut paket perangkat lunak.

Nyatanya, APK merupakan varian dari format file JAR( Java Archive), sebab banyak bagian Android dibentuk dengan Java. Intinya, seluruh APK merupakan file ZIP, namun mereka wajib berisi data bonus buat berperan dengan benar selaku APK.

Jadi, seluruh APK merupakan ZIP, namun tidak seluruh ZIP ialah APK. Bila penasaran, kalian dapat membuka file APK serta melihat apa yang terdapat di dalamnya.

Cuma pakai perlengkapan ekstraksi file semacam 7- Zip buat membukanya semacam file ZIP biasa. Kalian tidak dapat melakukan banyak perihal dengan APK di platform tidak hanya Android, kecuali bila menginstal emulator Android semacam Bluestacks.

Bagaimana File APK Dibuat?

Saat pengembang membuat aplikasi Android, mereka mungkin memakai Android Studio, perlengkapan pengembangan formal buat Android. Sesudah aplikasi siap buat didistribusikan, Android Studio mengompilasi aplikasi, setelah itu memasukkannya ke dalam satu wadah, ialah suatu APK.

APK dapat mempunyai nama apa saja, namun umumnya wajib senantiasa memakai ekstensi file. apk supaya sistem pembedahan ketahui gimana menginterpretasinya. Dikala mengunduh APK, umumnya kalian bakal mendapatkan nama file semacam berikut ini:

com. google. android. dialer_66. 0. 374464860. apk

File ini merupakan tipe (yang dipersingkat) dari nama APK buat aplikasi Telepon Google. Kalian dapat melihat kalau nama aplikasi lengkap sesuai dengan nama file aplikasi di URL halaman Google Play- nya selaku berikut:

Angka- angka di bagian akhir mewakili versi saat ini, yang dapat sangat detail sebab aplikasi besar semacam ini terus diperbarui.

APK Digunakan buat Apa?

APK membolehkan Kalian buat menginstal aplikasi pada ponsel Android kalian. Mereka mirip dengan file APPX yang digunakan buat menginstal aplikasi Toko di Windows, dan file paket yang cocok pada platform lain.

Saat membuka APK di fitur, file itu berisi instruksi buat menginstal aplikasi di ponselmu serta membagikan data tentang paket itu sendiri ke fitur yang digunakan.

Umumnya, kala mendatangi Google Play buat mengunduh ataupun memperbarui aplikasi, hingga secara otomatis menginstal APK. Dengan metode ini, Play Store pula berperan sebagai pengelola paket—alat buat dengan gampang menginstal, memperbarui, serta menghapus fitur lunak di suatu fitur.

Tetapi, sebab watak terbuka Android, Google Play bukan salah satunya cara buat menciptakan serta menginstal APK. Sangat gampang buat memperoleh file APK dari tempat lain, memindahkannya ke fitur kalian, serta menginstalnya secara manual. 

Jadi setelah mengetahui apa itu file APK, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!