Terlanjur Klik File APK Penipuan? Begini Cara Mengamankan Data dan Keuangan
Terlanjur klik file apk penipuan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Modus penipuan dengan file apk sedang marak terjadi dan sudah ada beberapa korbannya. Para pengguna ponsel diminta untuk mewaspadai kejahatan digital ini. Lantas gimana jika sudah terlanjur klik file apk penipuan? Apabila Anda mengalami hal ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari kerugian. 

Seringkali pengguna ponsel terjebak dengan cyber crime ini karena modusnya berbeda-beda. Seperti yang sudah diketahui bahwa modus kiriman file apk banyak dalam bentuk undangan digital, paket COD, dan lainnya. Kejahatan siber ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kerugian uang dan pencurian data korbannya

Momen-momen Ramadan dan Idul Fitri juga tak luput dari otak licik para penipu. Kini ditemukan juga penipuan-penipuan berkedok ajakan bersedekah, undangan buka puasa, dan lainnya. Tak sedikit masyarakat yang tanpa sadar atau buru-buru mengklik file apk atau tautan yang dikirim penipu. 

Jika sudah terlanjur mengklik file apk penipuan, jangan hanya diam saja. Anda harus segera mengambil tindakan untuk melindungi data pribadi dan perbankan supaya tetap aman. Lantas gimana cara mencegah pembobolan di ponsel saat terlanjur klik file apk penipuan?

Cara Mengamankan Data saat Terlanjur Klik File Apk

Kali ini ada tips dari Bank Indonesia (BI) untuk mengamankan data meski sudah terlanjur klik file apk penipuan. Sebelum terlambat mengalami pembobolan, Anda masih punya waktu untuk meminimalisir risiko atau mitigasi kerugiannya. 

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda terapkan jika terlanjur klik file apk penipuan, dilansir dari laman resmi BI:

Mematikan Akses Internet

Langkah penting yang perlu kamu lakukan jika terlanjur mengklik file penipuan adalah mematikan akses internet. Jadi langsung saja offkan daya seluler di ponsel Anda untuk mencegah malware bergerak mencuri data. 

Di dalam kiriman file apk penipuan, terdapat malware atau virus yang disiapkan untuk membobol ponsel Anda. Begitu malware merambah ke ponsel, maka akan menyebar ke perangkat selama ada sambungan internet. Oleh karena itu, segera matikan jaringan internet baik data seluler maupun WiFi.

Menghapus Aplikasi yang Mencurigakan

Cara yang perlu Anda lakukan selanjutnya untuk mengamankan data di ponsel adalah menghapus aplikasi yang mencurigakan. Terkadang sebagai pemilik ponsel kita tanpa teliti mengunduh dan menginstal aplikasi yang tidak resmi atau ilegal. 

Padahal aplikasi ilegal sangat berisiko sebagai media kejahatan siber yang bisa membobol ponsel kita. Jika Anda sudah terlanjur klik file apk penipuan, biasanya aplikasi akan tersimpan di data ponsel. Cara menghapusnya tinggal membuka menu ‘pengaturan’, kemudian pilih ‘Aplikasi’. Pilih aplikasi yang baru saja diinstal tadi untuk dihapus.

Menghubungi Bank

Pengguna ponsel harus segera menghubungi bank ketika dalam situasi terlanjur membuka file apk penipuan. Anda harus melaporkan kepada bank mengenai hal tersebut. Nantinya pihak bank bisa membantu memblokir ATM atau rekening pribadi untuk langkah keamanan. 

Mengganti Password Semua Akun

Tindakan urgent lainnya yang perlu Anda lakukan adalah segera mengubah password semua akun. Begitu terlanjur klik file apk penipuan, langsung gerak cepat mengganti password akun bank, media sosial, email, e-wallet, dan akun lainnya yang terhubung dengan data pribadi. 

Melakukan Reset

Tips terakhir yang bisa Anda terapkan saat terlanjur klik file penipuan adalah melakukan factory reset. Dengan melakukan reset, ponsel Anda akan diubah ke setelan pabrik seperti semula. Cara ini dapat menghapus semua data, aplikasi, dan termasuk malware yang mungkin masuk di ponsel. Namun sebelum reset, backup data penting lebih dulu. 

Demikianlah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan jika terlanjur klik file apk penipuan. Meski masih ada kesempatan buat mengamankan data pribadi dan keuangan, namun usahakan jangan sampai terjebak modus penipuan. Baca juga waspada situs phising yang menargetkan perempuan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.