Kenali Ciri-Ciri Penipuan File APK, Jangan Asal Terima Pesan Asing!
Ilustrasi kejahatan siber (freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Modus penipuan menggunakan file APK tengah marak sejak beberapa waktu belakangan. Salah satu jenis cyber crime ini menimbulkan kerugian finansial pada korbannya, seperti terkurasnya uang di mobile banking dan saldo e-wallet. Untuk menghindari kejahatan siber ini, masyarakat perlu tahu ciri-ciri penipuan file APK. 

Penipuan dengan modus file APK semakin marak di tengah meningkatnya penggunaan platform digital. Para pelaku cyber crime ini bisa menyasar korban orang awam atau gagap teknologi sehingga mudah terjebak oleh modusnya. 

Apalagi saat ini modus penipuan file APK semakin beragam, mulai dari paket pengiriman kurir, undangan pernikahan, dan lainnya. Lantas sepeti apa ciri-ciri penipuan file APK yang harus diketahui

Ciri-Ciri Penipuan File APK

Masyarakat diminta untuk waspada terhadap modus penipuan file APK karena tidak hanya menyebabkan kerugian secara materi, namun juga pembobolan data pribadi. Kejahatan siber ini dilakukan dengan mengirimkan file APK ke sasaran korban melalui aplikasi pesan online. Berikut ini ciri-ciri penipuan file APK yang wajib Anda ketahui.

Aplikasi Tidak dari Playstore

Ciri pertama yang dapat dikenali dari penipuan APK adalah aplikasi tidak berasal dari Play Store. Meskipun aplikasi berformat APK dirancang untuk perangkat Android, namun aplikasi yang diberikan oleh penipu melalui pesan WhatsApp (WA) tidak dapat ditemukan di Play Store (sumber resmi aplikasi Android). 

Kemungkinan besar, aplikasi APK semacam ini tidak diunduh dari Play Store, karena Play Store melarang aplikasi yang bersifat dapat mencuri informasi pengguna. Oleh sebab itu, penipu menyebarkan langsung aplikasi APK ini kepada korbannya.

Apliasi Tidak Bersumber dari Perusahaan atau Instansi Terkait

Aplikasi APK yang berbahaya dan yang dapat mengakses perangkat pengguna lain, biasanya juga tidak berasal dari perusahaan atau institusi yang terpercaya. Tidak ada informasi dalam APK mengenai sumber atau asal-usulnya.

Namun seringkali ketika menyebarluaskan aplikasi APK berbahaya ini, penipu selalu berusaha memberikan kesan dengan mencatut nama perusahaan atau institusi resmi. Cara licik ini dilakukan untuk menarik kepercayaan korban agar mau menginstal aplikasi APK yang diberikan oleh penipu.

Nama Aplikasi Dibuat Mirip dengan Informasi Palsu

Untuk memancing kepercayaan dan mengarahkan korban untuk menginstal, penipu biasanya memberikan nama aplikasi APK yang menyerupai nama palsu yang disertakan. 

Sebagai contoh, jika penipu menawarkan informasi palsu tentang tagihan BPJS kesehatan, maka aplikasi APK yang dilampirkan dapat diberi nama "Tagihan BPJS Kesehatan.apk" agar terkesan meyakinkan.

Muncul Tanda Peringatan Keamanan saat Akan Diinstal

Ciri berikutnya dari aplikasi APK penipuan adalah munculnya peringatan keamanan saat pengguna hendak menginstalnya. Karena aplikasi APK berbahaya ini tidak berasal dari Play Store, sistem perangkat Android akan mengidentifikasinya sebagai potensi ancaman keamanan. 

Ketika hendak menginstal aplikasi mencurigakan, sistem Android akan memberikan peringatan keamanan kepada pengguna untuk memastikan apakah mereka ingin melanjutkan proses instal. Jika Anda menerima peringatan semacam itu ketika hendak menginstal aplikasi, sebaiknya Anda menghentikannya.

Dikirim oleh Nomor Asing atau Tidak Dikenal

Aplikasi APK penipuan umumnya akan dikirim melalui nomor telepon yang asing atau tidak dikenal. Penipu akan mengirimkan aplikasi ini secara acak kepada korban. Mereka mungkin juga akan berpura-pura menjadi perwakilan dari perusahaan atau institusi resmi. 

Jika Anda menemukan ciri-ciri di atas dalam pesan yang Anda terima, sebaiknya Anda tidak membukanya sama sekali. Anda dapat memblokir nomor pengirim yang mencurigakan dan menghapus pesannya.

Demikianlah ciri-ciri penipuan file APK yang perlu Anda tahu dan wajib diwaspadai. Jadi apabila Anda mendapat pesan berisi file APK dengan sejumlah ciri-ciri di atas, bisa dipastikan itu adalah penipuan dan sebaiknya Anda tidak meresponnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.