Modus Penipuan VN di Whatsapp, Pakar: Tidak Perlu Khawatir
Ilustrasi aplikasi Whatsapp (foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Banyaknya penipuan yang tersebar di platform media sosial khususnya di Whatsapp dengan modus Android Package Kit (APK), tidak sedikit membuat masyarakat lebih berhati-hati dalam mengunduh sesuatu.

Tahun lalu, ada modus penipuan yang hampir mirip dengan modus APK undangan pernikahan. Tetapi bedanya, modus ini disebutkan, dikirim melalui Voice Note (VN) di Whatsapp.

"Nyamar jadi Voice Note. Sekarang penipuan .apk makin canggih. Menyamar jadi voice note, tetapi itu sebenarnya bukan voice note! Kalau voice note tanda panah ke kanan (sebagai PLAY) Kalau dalam foto ini tanda panah ke bawah (untuk Download), kalau di klik akan terinstall dan menginfeksi smartphone," tulis pesan broadcast di Whatsapp.

Menanggapi isu ini, pakar keamanan siber Alfons Tanujaya mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kiriman VN tersebut. Karena menurutnya, tanda panah ke bawah merupakan sistem otomatis dari Whatsapp agar tidak otomatis mengunduh sesuatu.

"Panah ke bawah bawah itu sebenarnya ada settingan dari Whatsapp untuk tidak otomatis mengunduh tautan, jadi panahnya ke bawah, kita klik, kita download. Kalau panahnya ke kanan itu memang itu media. Jadi itu tidak ada hubungannya," kata Alfons dalam unggahannya di Instagram.

Namun, jika Anda sudah mengunduh file VN tersebut, Alfons juga menegaskan bahwa tidak akan terjadi apapun terhadap data pribadi Anda. Karena file tersebut akan menjadi OGG, atau file audio terkompresi Ogg Vorbis yang digunakan untuk menyimpan data audio.

"Kalau andaikan APK menjadi OGG, menjadi voice note, itu pun tidak bisa dijalankan. Mengapa? Karena sistem Android secara otomatis akan menjalankan file APK itu dengan media player, jadi dia akan error, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir.," tegasnya.