Rekomendasi Situs <i>Website</i> untuk <i>Download</i> Aplikasi yang Aman Selain Play Store
Rekomendasi website untuk download APK yang aman (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi yang ingin sekali Anda unduh terkadang tidak tersedia di Google Play Store karena alasan tertentu seperti, letak geografis, berisi konten dewasa, atau pengembang mungkin telah menghapusnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa rekomendasi toko APK lain yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda untuk mengunduh aplikasi yang Anda inginkan.

APK (Android Package Kit) adalah format file Android, yang merupakan cara utama distribusi dan pemasangan aplikasi Android.

Saat mengunduh aplikasi dari Google Play, Anda mengunduh dan menjalankan file APK di latar belakang, tetapi Anda tidak memiliki akses ke APK itu sendiri.

Karena file APK menginstal aplikasi di sistem Anda, mereka bisa saja menimbulkan ancaman keamanan yang serius.

Ada beberapa APK yang berisikan Trojan, bahkan di toko aplikasi resmi play store dan app store.

Dengan demikian, Anda perlu memastikan bahwa situs yang Anda gunakan dapat diandalkan.

Itu harus benar-benar memeriksa semua APK dan memiliki riwayat keamanan dan keandalan

Melansir dari Makeuseof, berikut ini adalah beberapa rekomendasi situs web untuk mengunduh file APK, yang lebih aman dari situs lainnya.

APKMirror

APKMirror mungkin adalah situs pengunduhan APK Android terbaik. Situs ini dimiliki dan dioperasikan oleh tim yang sama yang membuat situs berita Android Police.

Intinya, jika APKMirror tidak dapat memverifikasi validitas file APK, maka file tersebut tidak akan dipublikasikan. Karena itu, Anda tidak akan menemukan APK mod, aplikasi bajakan, atau aplikasi berbayar di situs ini.

APKPure

Pesaing terbesar untuk APKMirror adalah APKPure. Seperti APKMirror, APKPure mematuhi praktik keamanan yang ketat untuk memastikan semua APK yang Anda simpan adalah aman dan bebas virus.

Jika APKPure meragukan keamanan atau asal-usul aplikasi, maka perusahaan tidak akan menerbitkannya di situs mereka. Jadi, anda tidak dapat menemukan APK modded di app APKPure.

APK Downloader

Opsi lainnya untuk situs web unduhan APK yang aman adalah APK Downloader. Semua APK ditarik dari Google Play Store sehingga Anda dapat yakin dengan keamanan dan keselamatannya.

Seperti situs lain dalam daftar ini, ada juga banyak metadata, artinya Anda dapat sepenuhnya menghindari Google Play jika diinginkan.