Bagikan:

YOGYAKARTA - Latihan interval terdiri dari serangkaian latihan berulang, mulai dari beberapa menit hingga hanya beberapa detik. Selama setiap interval Anda bekerja pada intensitas yang ditetapkan untuk periode waktu atau jarak tertentu (interval kerja) dan mengikutinya dengan periode pemulihan intensitas rendah (interval pemulihan). Anda dapat memvariasikan kecepatan, durasi, dan waktu istirahat untuk mencapai tujuan yang berbeda dari sesi latihan Anda. Yuk cari tahu latihan interval adalah....

Latihan interval biasanya digunakan dengan berlari, mendayung, bersepeda, dan berenang sebagai cara untuk bekerja lebih keras daripada yang Anda bisa selama upaya berkelanjutan.

Latihan Interval Adalah?

Latihan interval bagus untuk meningkatkan sistem energi aerobik (bekerja dengan oksigen) dan anaerobik (bekerja tanpa oksigen). Ini sangat efektif untuk meningkatkan VO2 Max dan ambang anaerobik Anda. Ini berarti Anda akan dapat bekerja lebih keras dan mempertahankan intensitas ini lebih lama. Misalnya, Anda akan dapat berlari lebih cepat dan juga berlari lebih jauh dengan kecepatan Anda yang lebih cepat.

Bergantung pada tujuan Anda, latihan interval dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dalam olahraga ketahanan atau untuk meningkatkan tingkat pemulihan untuk olahraga tim seperti sepak bola atau rugby yang membutuhkan latihan intensitas tinggi yang berulang-ulang.

Kapan Anda harus melakukan latihan interval?

Yang terbaik adalah menetapkan tingkat dasar kebugaran kardiovaskular yang baik sebelum mencoba latihan interval. Anda dapat mencapai tingkat dasar yang baik melalui latihan intensitas ringan hingga sedang.

Jika Anda berlatih untuk acara ketahanan seperti lomba 10k, maka latihan interval akan bermanfaat bagi Anda. Ada rekomendasi khusus untuk berapa lama dan pada intensitas apa Anda harus bekerja tergantung pada apa yang ingin Anda capai. Seorang anggota tim gym atau Personal Trainer Anda akan dapat menyiapkan rencana latihan interval yang disesuaikan secara individual dengan kebutuhan Anda.

Mereka yang menganggap latihan kardiovaskular terus menerus membosankan juga bisa mendapat manfaat dari latihan interval. Ini karena ada periode kerja yang lebih singkat namun lebih intens dan setiap interval terpisah dapat digunakan sebagai tujuan mini dalam sesi latihan.

Contoh

Contoh sesi latihan interval di treadmill untuk meningkatkan kecepatan pelari

  • Pemanasan – Joging selama 5 menit dengan upaya 5/10 yang mudah
  • Interval kerja – Berlari selama 90 detik upaya 8/10 sangat keras
  • Interval pemulihan – Joging selama 3 menit dengan upaya 5/10 yang mudah
  • Ulangi total interval 4x
  • Pendinginan – Jalan kaki 5 menit dengan mudah

Video pelatihan treadmill kami memberikan instruksi tambahan untuk program pelatihan treadmill 10k.

Jadi setelah mengetahui latihan interval adalah, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!