Olahraga Membentuk Otot Perut untuk Wanita: Jenis dan Cara Melakukannya
Ilustrasi olahraga untuk wanita. (Pexels/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga membentuk otot perut untuk wanita, jenisnya ada bermacam-macam. Salah satunya adalah olahraga kardio.

Olahraga kardio adalah serangkaian aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga ini membuat organ pernapasan Anda bernapas lebih cepat dan dalam.

Olahraga kardio meliputi jogging, bersepeda, mendayung, berenang, aerobik, latihan elips, kickboxing dan lain sebagainya.

Melakukan latihan kardio dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup. Selain itu, olahraga ini juga dapat membuat perut menjadi sickpack karena dapat mengikis lemak diperut.

Selain olahraga kardio, jenis olahraga apa saja yang dapat membentuk otot perut untuk perempuan? Simak ulasannya berikut ini.

Jenis Olahraga Membentuk Otot Perut untuk Perempuan

Dirangkum VOI dari berbagai sumber, Sabtu, 23 Februari 2023, berikut jenis olahraga yang dapat membentuk otot perut bagi perempuan:

1. High Intensity Interval Training (HIIT)

High intensity interval training atau latihan interval dengan intensitas tinggi merupakan aktivitas fisik yang bagus untuk meningkatkan kebugaran. Latihan ini dapat membentuk otot perut dan membuatnya kencang.

Olahraga ini juga dapat menjaga detak jantung dan meningkatkan pembakaran lemak. Melakukan HIIT selama 20 menit sebanyak 3 kali dalam sepekan bisa menurunkan berat badan hingga 2 kilogram (kg).

Salah satu jenis olahraga HIIT yang bisa Anda lakukan untuk membentuk otot perut adalah Burpees. Latihan ini menggabungkan push-up dengan lompatan di udara.

Ilustrasi burpees
Ilustrasi burpees (Pixabay)

Cara melakukannya, yakni:

  • Posisikan tubuh jongkok secara parsial dan membungkuk
  • Dorong tubuh ke lantai ke posisi push-up
  • Dorong tubuh kembali ke posisi jongkok dan lompat denga bantuan kaki, serta angkat tangan ke udara.

2. Sit Up

Ilustrasi sit up
Ilustrasi (alvoi/Pixabay)

Olahraga membentuk otot perut untuk perempuan yang berikutnya adalah sit up. Lakukan latihan ini sebanyak 25 kali dalam sehari. Perut AAnda pasti akan mengceil secara perlahan dan terasa kencang,

Selain dapat membentuk otot perut, sit up juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh.

Berikut langkah-langkah melakuka sit up yang benar:

  • Berbaring terlentang di atas matras atau permukaan apapun yang rata dan nyaman.
  • Tekuk kedua lutut hingga telapak kaki menyentuh matras.
  • Pastikan kedua telapak kaki menyentuh matras dengan pijakan yang kuat.
  • Jika sulit, Anda bisa menahannya dengan penyangga atau bagian bawah bangku. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menahan kedua pergelangan kaki agar telapak bisa tetap menyentuh matras
  • Silangkan kedua tangan di depan dada, yakni tangan kiri bertumpu pada bahu kanan dan sebaliknya. Hindari meletakkan tangan di belakang kepala karena bisa menarik leher.
  • Fokus dan kuatkan bagian inti tubuh sambil menarik napas dalam, lalu gunakan otot perut untuk mengangkat punggung dari lantai menuju arah depan.
  • Turunkan kembali punggung ke posisi semula atau berbaring. Lakukan dengan perlahan, jangan sampai membentur matras.

3. Crunch

Ilustrasi latihan crunch
Ilustrasi latihan crunch (Pexels/Pixabay)

Crunch merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk membentuk otot perut. Latihan ini bisa mengencangkan otot perut bagian atas.

Langkah-langkah melakukan latihan crunch, yakni:

  • Letakkan kedua tangan di belakang kepala, dan pastikan posisi kaki kamu tidak menyentuh lantai.
  • Angkat kedua kaki dan tubuh bagian atas bersama-sama.

Jika dilihat dari gerakannya, latihan crunch mirip dengan sit up. Bedanya, rentang gerakan crunch lebih sempit.

Demikian informasi tentang olahraga membentuk otot perut untuk wanita. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, simak terus VOI.ID.