Olahraga yang Harus Dihindari Wanita agar Tidak Cedera, Berikut Gerakan Lain sebagai Gantinya
Ilustrasi wanita olahraga (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Olahraga merupakan kegiatan yang bermanfaat baik bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun ada beberapa olahraga yang harus dihindari wanita karena gerakannya dapat menimbulkan cedera. 

Seorang ahli fisiologi, Kelly Drew, menyebut bahwa tidak semua olahraga cocok dilakukan oleh kaum wanita. Beberapa olahraga justru bisa memicu terjadinya cedera setelah olahraga. Meski ada sejumlah olahraga yang harus dihindari wanita, Anda tidak perlu kecewa karena ada solusi atau alternatif olahraga penggantinya. 

Olahraga yang Harus Dihindari Wanita

Banyak wanita senang berolahraga karena ingin mendapatkan badan yang bugar. Ada juga yang rajin berolahraga untuk menjalani program diet menurunkan berat badan. Namun sebaiknya hindari olahraga berikut ini karena dapat memicu cedera. 

Sit Up

Gerakan sit up dapat mengencangkan otot perut dan membentuknya menjadi sixpack. Namun sit up termasuk salah satu olahraga yang kurang cocok bagi wanita. Sit up hanya menggerakan sebagian otot dan membuatnya mengecil. Salah gerakan sit up, menurunkan bahu sampai menyentuh lantai, akan membuat gerakan ini tidak efektif. 

Jika Anda ingin mengecilkan dan mengencangkan otot perut, maka sebaiknya lakukan gerakan plank. Selain dapat membakar lemak di perut, gerakan plank efektif juga efektif membentuk otot di bagian lainnya, seperti kaki, bahu, paha, dan tangan. Selain itu, gerakan ini juga minim risiko cedera punggung. 

Donkey Kicks

Meski gerakan donkey kicks terbilang mudah, namun masih banyak orang yang salah melakukannya. Gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan toto glute atau bagian bokong. 

Gerakan glute harus berfokus pada otot bokong, namun banyak orang masih keliru melakukannya seperti malah mengandalkan otot punggung bawah. Gerakan yang keliru justru bisa menimbulkan terjadinya cedera punggung. 

Sebagai gantinya gerakan donkey kicks, sebaiknya Anda melakukan gerakan squat. Gerakan ini berfungsi menguatkan otot bokong, kaki, dan otot ini dalam tubuh. Cara melakukan gerakan squat pun cukup mudah, tinggal berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan menurunkan tubuh seperti posisi akan duduk. 

Standing Side Bends

Gerakan standing side bends biasanya dilakukan saat peregangan. Banyak wanita melakukan gerakan ini untuk membuat perut menjadi rata atau kurus. Namun salah melakukan gerakan justru bisa menyebabkan cedera. 

Apabila Anda ingin meratakan perut, sebaiknya ganti gerakan standing side bends dengan melakukan torso twist. Gerakan torso twist lebih mudah dilakukan dan terbukti efektif mengencangkan otot perut bagian dalam. 

Cara melakukan gerakan torso twist sangat mudah, cukup dengan duduk di atas matras. Kemudian kedua lutut ditekuk dan diangkat hingga lebih dekat ke arah dada. Saat melakukan gerakan ini, tumpuan tubuh berada di bokong. Kemudian lakukan gerakan memutar tubuh ke kiri dan kanan secara perlahan. 

Angkat Beban Ringan dengan Banyak Repetisi

Banyak wanita melakukan olahraga angkat beban untuk mengecilkan lengan. Namun melakukan gerakan ini dengan repetisi atau pengulangan yang banyak ternyata tidak terlalu efektif membentuk otot lengan. 

Angkat beban ringan dengan banyak repetisi memang ampuh membakar lemak yang menumpuk di lengan. Namun gerakan ini tidak terlalu berarti dalam membentuk otot lengan. Bahkan terlalu banyak melakukan pengulangan dengan gerakan yang salah justru berpotensi menyebabkan otot tegang dan ligamen sobek. 

Sebaiknya lakukan gerakan angkat beban hanya dengan beberapa repetisi saja, tidak terlalu banyak pengulangan. Langkah ini justru lebih efektif menguatkan otot lengan dan membakar lemak, serta menghindari risiko cedera. 

Demikianlah ulasan mengenai olahraga yang harus dihindari wanita. Sejumlah olahraga di atas berpotensi memicu cedera, terlebih jika dilakukan dengan gerakan yang salah.Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan olahraga seperti yang disebutkan di atas sebagai solusinya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.