Bagikan:

JAKARTA - Kenampakan perut buncit kerap dikaitkan dengan usia. Memang semakin usia bertambah, semakin banyak lemak menumpuk pada lingkar pinggang sebab massa otot menurun. Jika ini dibiarkan, perut buncit tak hanya menyoal penampilan tetapi juga kesehatan.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa jenis olahraga untuk mengecilkan perut yang bisa Anda coba.

Reverse Lunges

Melansir Eat This, Not That, Kamis, 29 Desember, lunges merupakan salah satu olahraga terbaik dalam membakar kalori dan lemak. Karena lunges berfokus pada kekuatan kaki, maka olahraga ini juga menantang stabilitas dan memaksa bagian tengah tubuh bekerja lebih keras.

Mulailah latihan ini dengan mengambil langkah panjang ke belakang—cukup lama sehingga lutut Anda membentuk dua sudut 90 derajat di bagian bawah—dan tarik diri Anda ke belakang dengan kaki depan. Ulangi pada kaki yang sama sampai Anda menyelesaikan semua repetisi lalu ganti kaki.

Pull Up

Pull up adalah salah satu bentuk latihan kekuatan yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan massa otot. Latihan ini bermanfaat untuk membentuk tubuh, terutama otot lengan dan tubuh bagian atas.

Anda cukup melakukannya dengan cara menggantungkan tubuh ke sebuah medium tumpuan yang cukup kuat, contohnya pull bar atau palang tunggal yang memang sudah didesain khusus untuk melakukan gerakan ini.

TRX Push Ups

Latihan push up menggunakan alat bantu seperti TRX berfungsi melatih kestabilan otot bahu. Anda hanya perlu berada di posisi push-up dengan tangan di TRX selebar bahu. Jaga agar punggung bawah Anda rata dan jangan biarkan pinggul Anda melorot. Turunkan tubuh Anda, dan jaga siku tetap dekat dengan tubuh saat Anda turun. Dorong tubuh ke atas, dan ulangi.

Dumbbell Overhead Press

Overhead press juga membantu mengecilkan perut Anda. Anda perlu meregangkan tubuh dari bawah ke atas untuk menstabilkan diri dan mendorong beban.

Ambil dua dumbel dan pegang di bahu Anda. Jaga agar otot inti tetap kencang dan glutes terjepit lalu angkat barbel tepat di atas kepala. Di bagian atas, bisep Anda harus berada di sebelah telinga Anda. Jangan bersandar atau melengkungkan punggung bawah Anda.

Bersepeda

Jika biasanya Anda bersepeda santai, kali ini coba bersepeda dengan kecepatan lebih dan rasakan bedanya di area perut.Seseorang dengan berat badan 70 kg bisa membakar sekitar 744 kalori saat bersepeda dengan kecepatan 22 km/jam. Tak hanya bersepeda di jalanan kota, bersepeda di bukit atau gunung dengan mountain bike juga akan memberikan efek serupa.