5 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita, Bisa Dilakukan untuk Ibu setelah Melahirkan
Ilustrasi cara mengecilkan perut buncit pada wanita setelah melahirkan (Istock)

Bagikan:

JAKARTA – Lemak menumpuk di perut, terutama pada wanita setelah melahirkan, bisa diatasi dengan berbagai cara. Perut yang membuncit tersebut umum dialami, artinya Anda tak perlu khawatir atau bahkan jangan sampai menurunkan rasa percaya diri.

Dilansir BellyBelly, Rabu, 10 November, perut secara alami menyimpan lemak. Sebelum hamil pun, lemak yang menumpuk di perut tergolong kelas kepala untuk diluruhkan. Setiap kali makan agak banyak dan kurang olahraga, tumpukan bisa bertambah beberapa sentimeter.

Enggak baiknya, lemak pada perut bisa mengganggu kesehatan. Lemak pada perut terbagi menjadi dua macam, yaitu lemak subkutan dan visceral. Lemak subkutan adalah lapisan lemak perut ‘dalam kulit’ yang bisa terlihat. Sedangkan lemak visceral adalah lemak yang membungkus organ internal.

Lemak perut bisa disebabkan berbagai faktor diluar kebiasaan dan kehamilan. Faktor-faktor penyebabnya antara lain genetika, tingkat homon dan stres, dan pilihan diet yang buruk.

Artinya, Anda perlu melakukan cara mengecilkan perut buncit secara tepat agar kencang kembali atau seenggaknya lebih sehat. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan:

1. Bangun kebiasaan makan sehat

Setelah melahirkan apalagi dalam masa-masa menyusui, mungkin tak mempertimbangkan mana makanan sehat dan tidak. Karena terlalu fokus pada asupan nutrisi untuk si kecil, jangan sampai Anda terjebak mengonsumsi makanan yang tak sehat.

Menurut ginekolog yang berbasis di Kolata, dokter Ratnabali Ghosh, makanlah antara 1.800-2.000 kalori setiap harinya jika Anda menyusui. Dikutip dari Hindustan Times, sering makan berbeda dengan makan banyak. Sering makan dengan komposisi serta ukuran yang pas terlebih menggabungkan protein dan karbohidrat bisa membuat energi Anda cukup untuk menyusui sekaligus beraktivitas.

2. Kurangi asupan gula

Lebih baik, Anda mengonsumsi makanan alami seperti sayuran dan buah-buahan. Termasuk baik jika mengonsumsi makanan kaya akan protein sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Hindari makanan dengan pemanis buatan yang membuat lemak perut menumpuk.

3. Olahraga khusus untuk ibu setelah melahirkan

Diet atau mengonsumsi makanan sehat berkontribusi besar terhadap kadar lemak tubuh, tetapi olahraga tidak dapat diabaikan. Ada bentuk latihan khusus untuk ibu baru atau ibu setelah melahirkan yang dibimbing oleh instruktur. Paling efektif, olahraga yang melibatkan seluruh tubuh atau kelompok otot utama bisa memicu metabolisme sehingga lemak bisa terbakar menjadi energi.

Angkat beban adalah salah satu olahraga yang bisa mengecilkan perut buncit dan bisa dilakukan untuk ibu setelah melahirkan. Olahraga ini bisa menyeimbangkan komposisi tubuh, memperkuat punggung atau inti tubuh, dan membakar lemak.

Gerakan olahraga seperti planks, burpees, squats, flutter kicks, bicycle crunches juga bisa dilakukan selama beberapa menit oleh ibu setelah lebih dari 3 bulan melahirkan.

4. Terhidrasi cukup

Sekitar 55-70 persen tubuh terdiri dari air, jadi kehilangan cairan bisa berakibat serius. Terhidrasi cukup tak bisa diabaikan, sebab bisa mengganggu konsentrasi, kekuatan menurun, kelelahan, dan membuat aktivitas sehari-hari jauh lebih sulit dilakukan. Jadi pilih air mineral supaya kebutuhan cairah tubuh tercukupi, hindari mengganti cairan tubuh dengan minuman bersoda atau berkafein.

5. Istirahat cukup

Menyusui membakar 500 kalori setiap harinya, ini berarti sama banyaknya dengan berbagai bentuk olahraga. Disamping menyusui dan mengimbanginya dengan sedikit gerakan olahraga, Anda tetap perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan istirahat cukup.