Perbedaan Perut Hamil dan Buncit, Masih Banyak Perempuan yang Keliru Mengira
Ilustrasi ciri-ciri perut hamil dan buncit (Istock)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perut membesar bisa menandakan dua kondisi yaitu perut hamil dan perut buncit. Secara sekilas memang kedua kondisi ini terlihat sama atau sulit dibedakan. Namun ada perbedaan dari ciri-ciri perut hamil dan buncit. Para wanita yang sedang dalam masa aktif secara seksual wajib tahu perbedaan keduanya. 

Sampai sekarang masih banyak yang sulit membedakan ciri-ciri perut hamil dan buncit. Terkadang orang-orang yang mengalami kehamilan menduganya perutnya hanya buncit karena belum terdeteksi tanda kehamilan. Ada juga orang yang hanya mengalami kebuncitan tapi mengira sedang hamil. Padahal perutnya membesar karena ada tumpukan lemak. 

Kedua kondisi ini penting untuk diketahui karena berkaitan dengan kondisi kesehatan dan reproduksi. Belum lagi jika hal ini diperhatikan oleh keluarga atau orang di sekitar anda. Sebenarnya cara mengecek kehamilan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan alat test pack atau tes langsung ke dokter kandungan. Namun masih banyak wanita muda yang masih belum siap melakukannya. 

Membedakan Ciri-ciri Perut Hamil dan Buncit

Perut hamil dan buncit bisa dilihat perbedaannya dari kondisi fisik dan gejala-gejala yang menyertainya. Berikut penjelasan ciri-ciri perut hamil dan buncit yang bisa menjadi acuan untuk anda. 

Ciri-ciri Perut Hamil

Kondisi kehamilan bisa diketahui dari tanda-tanda yang dialami oleh tubuh saat perut mulai membesar. Bagi perempuan yang sudah pernah hamil pasti sudah paham cara mendeteksi kehamilan. 

Ukuran perut tidak berubah saat sebelum dan setelah makan

Saat seorang perempuan mengalami kehamilan, perutnya mengandung janin yang mengalami pertumbuhan dari hari ke hari. Ketika janin tumbuh membesar, kondisi perut pun ikut membesar juga meski tidak terjadi dalam waktu singkat. 

Salah satu tanda kehamilan adalah ukuran perut tetap sama saat sebelum makan dan sesudah makan. Jadi ukuran perut tetap stabil, tidak mengecil maupun membesar karena efek makan. 

Perut terasa kencang saat duduk dan berdiri

Salah satu tanda perut hamil bisa dirasakan saat anda duduk. Perut teras mengalami tarikan saat anda akan duduk dan saat akan berdiri. Anda merasakan perut tertarik karena kondisi perut sedang kencang yang menjadi tanda kehamilan. 

Perut keras, kencang, dan sulit dicubit

Anda juga bisa mendeteksi kehamilan dengan cara menyentuh perut. Seseorang yang mengalami kehamilan, perutnya akan terasa kencang dan keras karena di dalamnya terkandung janin yang terus bertumbuh. Selain itu, perut anda juga sulit dicubit. 

Mentruasi terlambat

Ciri-ciri lain yang menandakan perut hamil adalah terlambatnya mentruasi. Saat sedang hamil, anda tidak akan mengalami mentruasi selama 9 bulan lamanya. Kondisi ini menyebabkan mentruasi terlambat hingga melahirkan anak. 

Keterlambatan mentruasi disebabkan oleh tubuh yang sedang mengalami pembuahan dan menghasilkan hormon yang menghentikan ovulasi dan pelepasan lapisan rahim. 

Payudara sensitif dan membesar

Kondisi payudara juga menjadi penanda seseorang mengalami kehamilan. Perempuan hamil akan mengalami pembesaran payudara secara alami. Selain itu, payudara juga menjadi lebih sensitif dari biasanya. Puting juga mengalami perubahan bentuk semakin membesar. Lalu aerola atau area sekitar puting berbuha menjadi lebih gelap. 

Mual dan muntah

Rasa mual dan muntah bisa menjadi tanda kehamilan. Seorang wanita hamil akan merasa mual dan muntah karena sedang mengalami perubahan hormon di masa awal kehamilan atau disebut morning sickness. 

Ciri-ciri Perut Buncit

Ada beberapa tanda-tanda saat perut hamil yang tidak terjadi pada perut buncit. Apa saja ciri-ciri itu?

Ukuran perut berubah saat setelah dan sebelum makan

Perut yang mengalami kebuncitan bisa dilihat tanda-tanda pada saat sebelum dan sesudah makan. Perut orang buncit akan membesar setelah ia makan. Perut kembung itu terjadi karena adanya gas yang masuk dan menumpuk di perut dari asupan makanan. Terlebih jika yang dikonsumsi memiliki kandungan gas tinggi.

Perut terasa empuk dan bergelambir saat duduk dan berdiri

Jika orang hamil mengalami merasakan perut kencang saat duduk dan berdiri, orang buncit justru tidak. Perut buncit akan terasa empuk bahkan menggelambir pada saat duduk dan akan berdiri. Biasanya saat duduk akan nampak lipatan-lipatan di perutnya. 

Perut menggelambir

Perut orang buncit tidak terasa kencang sama sekali. Kondisi perutnya justru menggelambir atau lunak karena adanya penumpukan lemak di perutnya. Saat dicubit, perut buncit akan melar atau elastis. Apalagi jika orangnya jarang berolahraga. 

Mengalami menstruasi

Perempuan yang perutnya buncit tetap mengalami menstruasi seperti biasa. Kondisi perutnya tidak mempengaruhi siklus mentruasinya. Siklus mentruasi bisa terganggu ketika orang tersebut dalam kondisi stres atau ketidakseimbangan hormon. 

Payudara tidak sensitif dan tidak membesar

Payudara wanita berperut buncit tidak mengalami perubahan bentuk. Perut buncit tidak mempengaruhi ukuran dan sensitivitas payudara. Perut buncit hanya berdampak pada berat badan anda.

Itulah perbedaan ciri-ciri perut hamil dan buncit. Cara membedakannya cukup mudah asalkan anda ingat dan paham tanda-tandanya. Jadi para wanita mudah jangan sampai tidak tahu. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.